✅ Bagian darah yang berfungsi mengangkut oksigen adalah

Diposting pada


Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Bagian darah yang berfungsi mengangkut oksigen adalah tugas soal Kelas: VIII Mata pelajaran: Bioteknologi Materi: Sistem Peredaran Darah Manusia.

Pertanyaan:

Bagian darah yang berfungsi mengangkut oksigen adalah

Jawaban:

Bagian darah yang berfungsi mengangkut oksigen adalah eritrosit (sel darah merah)

Penjelasan:

Fungsi  sel darah merah (eritrosit) adalah mengangkut oksigen ke organ dan jaringan tujuannya.  Darah mengambil oksigen dari paru-paru, dalam peredaran darah kecil. Kemudian jantung akan memompa darah yang kaya akan oksigen ini ke seluruh tubuh dalam peredaran darah besar.

Sel darah merah mengikat oksigen dari paru-paru, melalui bagian yang disebut dengan hemoglobin. Bagian ini mengandung zat besi, yang mengikat atom oksigen. Untuk membentuk sel darah merah, diperlukan zat besi, sehingga orang yang kekurangan zat besi akan kekuarangan darah atau anemia.

Zat besi di eritorist akan membuat warnanya kemerahan. Ini sama dengan warna kemerahan pada tanah yang kaya zat besi.

Sel darah merah (eritrosit) pada manusia tidak memiliki nukleus, ini merupakan adaptasi agar sel darah merah mudah melalui pembuluh darah yang kecil. Dengan tanpa nukleus, sel darah merah juga dapat mengandung hemoglobin lebih banyak untuk mengikat Oksigen (O2) dalam jumlah lebih besar.

Sel darah merah (eritrosit), sebagian besar sel darah putih (leukosit), dan trombosit diproduksi di sumsum tulang, sebuah jaringan halus yang terdapat di dalam rongga tulang

Pelajari:

Bagaimana terbentuknya eritrosit, leukosit dan trombosit?

Penjelasan Lengkap

Diketahui: Bagian dari darah yang berfungsi mengangkut oksigen.

Ditanya: Apa nama bagian dari darah yang berfungsi mengangkut oksigen?

Jawab:

Darah merupakan alat transportasi yang berperan dalam pengangkutan zat-zat penting di dalam tubuh manusia. Darah memiliki komposisi yang terdiri atas 55% cairan darah atau plasma dan 45% lainnya merupakan sel-sel darah. Adapun terdapat tiga macam sel darah, yaitu: sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit).

  1. Plasma Darah

Bagian yang bersifat cair disebut dengan plasma darah karena 91% bagiannya terdiri atas air, 9% lainnya adalah zat terlarut yang terdiri dari protein plasma (albumin, protrombin, fibrinogen, dan antibodi), garam mineral, dan zat-zat yang diangkut darah (zat makanan, sisa metabolisme,gas-gas, dan hormon). Fungsi dari plasma darah adalah untuk mengangkut sel-sel darah, yang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh bersama nutrisi, hasil limbah tubuh, antibodi, protein pembeku (faktor koagulasi), serta bahan kimia seperti hormon dan protein yang bantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

  1. Sel-sel darah

Sel-sel darah manusia terdiri atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit). Adapun dalam sel-sel darah, kandungan sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit) sekitar sebanyak 1%, sedangkan sel darah merah (eritrosit) sekitar sebanyak 99%.

  • Sel darah merah (eritrosit), merupakan sel yang berbentuk bulat gepeng, kedua permukaannya cekung, dan tidak memiliki inti sel. Sel darah merah mengandung hemoglobin (Hb) yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan karbon dioksida dalam darah dan mengangkutnya ke seluruh tubuh.
  • Sel darah putih (leukosit), merupakan sel yang bentuknya tidak teratur dan memiliki inti sel. Sel darah putih terdiri dari beberapa jenis, yaitu: basofil, neutrofil, monosit, eosinofil, dan limfosit. Adapun fungsi dari sel darah putih adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Keping darah (trombosit), merupakan keping darah yang berbentuk bulat atau lonjong. Ukuran keping darah lebih kecil daripada sel darah merah. Adapun trombosit berperan penting dalam proses pembekuan darah ketika terjadi luka.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan di atas dapat diketahui bahwa bagian darah yang berfungsi mengangkut oksigen adalah sel darah merah karena mengandung hemoglobin (Hb) yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan karbon dioksida dalam darah dan mengangkutnya ke seluruh tubuh.