✅ Cara Cek Kuota Telkomsel Anti Kehabisan Paket Dimana Saja

Diposting pada


Cara cek kuota Telkomsel bisa dilakukan dengan beberapa metode yang mudah. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri bila masih banyak yang belum mengetahui seperti apa caranya.

Telkomsel dikenal sebagai salah satu operator seluler yang paling banyak penggunanya di Indonesia. Hal ini karena layanan yang disediakan oleh Telkomsel memiliki jangkauan jaringan dan layanan luas bila dibandingkan para pesaingnya.

Mengenal Cara Cek Kuota Telkomsel

Anak perusahaan dari Telkom Indonesia saat ini memiliki jam terbang yang cukup lama. Produk yang ditawarkannya juga beragam, mulai dari Simpati, Halo, Kartu AS, sampai Loop.

Telkomsel sendiri merupakan salah satu provider telekomunikasi yang banyak digunakan di Indonesia. Provider ini telah menawarkan beberapa keunggulan, salah satunya yaitu jaringan yang stabil.

Telkomsel juga akan memberikan berbagai macam pilihan kuota internet yang bisa dibeli sesuai kebutuhan. Bagi pengguna kartu Telkomsel bisa langsung mengakses internet, dengan cek kuota. Sebab, saat kuota habis, kamu dikenakan tarif normal.

Dimana harganya lebih mahal ketimbang dengan biaya internet menggunakan paket kuota. Untuk bisa melakukan pengecekan kuota pada kartu Telkomsel, terdapat beberapa pilihan cara berikut penjelasannya.

1. Cek Kuota Telkomsel di *888#

Telkomsel-di-888

Cara cek kuota Telkomsel selanjutnya, bisa melalui menu dial up dengan menghubungi nomor *888#. Adapun langkah-langkah untuk cek kuota adalah sebagai berikut:

  • Pertama, bisa masuk ke menu panggilan kemudian akses *888#. Berikutnya, akan muncul pop up yang terdiri dari berbagai menu.
  • Kemudian, pilihlah “Cek Pulsa” dengan memasukkan nomor yang ada di depan menu tersebut. Setelah itu, dilanjutkan dengan memilih “Cek Kuota” untuk cara masukkan nomor yang ada didepan pilihan tersebut.
  • Kemudian, klik “Send/Kirim”. Tahap selanjutnya, pilih “Cek Kuota” lalu klik “Send/Kirim” lagi. Terakhir, informasi mengenai sisa kuota internet yang kamu miliki akan diinformasikan melalui SMS ke nomor Telkomsel.

2. Cek Kuota Telkomsel Pascabayar

Cek-Kuota-Telkomsel-Pascabayar

Telkomsel juga memiliki layanan dengan sistem pascabayar dalam produk kartu Halo. Pengguna yang tidak mengisi pulsa seperti kartu prabayar, akan menerima tagihan sesuai dengan pemakaian atau pemilihan paket di awal.

Ada beberapa langkah untuk cek kuota Telkomsel pascabayar. Berikut ini sudah ada cara cek kuota Telkomsel, antara lain:

  • Pertama, bisa langsung download dan install aplikasi MyTelkomsel. Lalu buka aplikasi dan masukkan nomor HP.
  • Kemudian, klik menu Internet. Lalu muncul rincian informasi kuota. Selain itu, kamu juga dapat melakukannya dengan menghubungi nomor Dial Up atau kode UMB *363#.

Nantinya, panggilan ini akan menampilkan tulisan nomor Telkomsel dan beberapa menu layanan lainnya. Berikut ini sudah ada langkah-langkah cek kuota Telkomsel pascabayar, antara lain:

  • Cara cek kuota Telkomsel pertama, bisa buka menu telepon dan ketik kode *363#. Lalu tekan tombol panggil.
  • Kemudian, balas dengan angka di pilihan Cek Pulsa dan Kuota. Lalu masukkan angka yang di menu Cek Kuota.
  • Kemudian, pilih menu Cek Kuota Internet. Lalu muncul notifikasi sisa kuota Telkomsel via SMS.

Pada umumnya, cara cek kuota Telkomsel pascabayar sama saja dengan jenis layanan prabayar operator ini. Hanya saja, kamu dapat langsung mengecek tagihan atau biaya yang harus dibayarkan setelah penggunaan kuota setiap periodenya.

3. Cek Kuota Internet Telkomsel melalui MyTelkomsel

Cek-Kuota-Internet-di-MyTelkomsel

Aplikasi MyTelkomsel adalah salah satu bentuk layanan digital yang mempermudah akses pengguna Telkomsel untuk cek kuota. Cara mengakses aplikasi MyTelkomsel untuk cek kuota Telkomsel adalah sebagai berikut:

  • Pertama, download aplikasi MyTelkomsel di ponsel pintarmu. Setelah itu, login dengan menggunakan nomor Telkomsel yang dimiliki.
  • Kemudian, kamu akan mendapatkan SMS berisi link verifikasi. Lalu klik link tersebut.
  • Kamu bisa melihat kuota internet pada halaman utama. Tidak hanya mengecek kuota Telkomsel, aplikasi ini dapat digunakan untuk cek pulsa dan membeli kuota dengan mudah.

4. Cek Kuota Internet Telkomsel via SMS

Cara cek kuota Telkomsel berikutnya, bisa dengan menggunakan SMS. Meski tidak terkenal, namun cara cek kuota melalui SMS juga sangat mudah. Berikut ini sudah ada tutorialnya, antara lain:

  • Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi pesan singkat. Setelah itu, pilih menu untuk mengirim pesan baru.
  • Lalu masukkan nomor tujuan 3636. Kemudian, kirim pesan dengan format UL (spasi) INFO.
  • Selanjutnya, tunggu hingga beberapa saat. Kamu akan mendapatkan balasan SMS yang berisi informasi jumlah kuota dimiliki.

5. Cek Kuota Telkomsel Melalui SMS Format FLASH

Cara cek kuota Telkomsel selanjutnya juga dengan melakukan SMS. Namun, kamu bisa mengetikkan FLASH, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka menu pesan pada ponsel dengan kartu SIM Telkomsel. Lalu buat pesan baru dan isi nomor tujuan 3636.
  • Kemudian, ketik isi pesan dengan FLASH (spasi) infov2. Setelah itu, kirim sesuai kartu SIM Telkomsel yang akan di cek kuotanya.

Cara Membeli Kuota Internet Telkomsel

Cara-Membeli-Kuota-Internet-Telkomsel

Selain cara cek kuota Telkomsel, sebagai pengguna Telkomsel alangkah baiknya bila kamu mengetahui cara membeli kuota di provider ini. Sama halnya, dengan cek kuota internet, untuk beli kuota pilihan caranya banyak, berikut penjelasannya.

Cara Beli Kuota Telkomsel di *363#

Adapun cara beli Kuota Telkomsel bisa langsung menggunakan *363#. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cara beli Kuota, yaitu:

  • Pertama, bisa buka terlebih dahulu aplikasi panggilan lalu hubungi nomor *363#. Setelah itu, kami akan melihat beberapa pilihan menu kuota, lalu pilih salah satu jenis kuota yang ingin dibeli.
  • Kemudian, ikuti instruksi hingga selesai. Hal yang harus diperhatikan, bila membeli kuota dengan cara ini maka pastikan pulsa reguler cukup untuk membeli kuota internet tersebut.

Cara Beli Kuota Telkomsel di MyTelkomsel

Setelah kamu tahu beberapa cara cek kuota Telkomsel, maka harus tahu untuk beli Kuota Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cara beli Kuota, antara lain:

  • Pertama, download aplikasi MyTelkomsel di smartphone mu. Lalu login menggunakan nomor telepon Telkomsel yang kamu miliki. Kemudian, pilih menu untuk membeli kuota, lalu pilih jenis kuota yang ingin dibeli.
  • Pada aplikasi ini, kamu bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang lebih beragam. Baik itu mulai dari pembayaran menggunakan pulsa reguler hingga dompet digital.

Cara Beli Kuota Telkomsel di E-commerce

Ada beberapa langkah untuk membeli kuota Telkomsel melalui E-commerce. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cara membeli kuota Telkomsel, antara lain:

  • Pertama, buka aplikasi e-commerce yang kamu miliki. Kemudian, pilih menu untuk membeli pulsa atau kuota internet.
  • Lalu masukkan nomor Telkomselmu, kemudian pilih kuota yang ingin dibeli. Kemudian, pilih metode pembayaran dan ikuti instruksi sampai selesai.

Cara Beli Kuota Telkomsel Menggunakan Voucher

Selain cara cek kuota Telkomsel yang telah dijelaskan diatas. Ada beberapa penjelasan terkait cara beli Kuota, yaitu:

  • Pertama, datang langsung ke tempat penjualan pulsa dan kuota. Lalu pilih voucher yang akan dibeli lalu aktifkan voucher tersebut.
  • Untuk mengaktifkan voucher kuota tersebut, kamu bisa membuka menu panggilan. Kemudian, ketik *133#kode voucher# lalu klik OK. Terakhir, kamu akan mendapatkan informasi bahwa kuota internet sudah aktif.

Cek Kuota Telkomsel Lewat SMS dan Telepon

Fitur SMS juga dapat digunakan untuk mengecek nomor Telkomsel. Namun, harus diingat bahwa cara cek kuota Telkomsel satu ini mengharuskanmu untuk memiliki saldo pulsa.

Dikarenakan jika pulsa habis, maka tidak akan bisa mengirim SMS untuk mengecek kuota. Cara mengecek kuota menggunakan fitur SMS dan telepon ini merupakan cara manual yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna.

Caranya, yaitu dengan mengirimkan SMS kepada nomor teman atau keluarga yang juga merupakan sesama pengguna Telkomsel. Dengan begitu, kuota kamu akan langsung tampak, karena nomor telepon secara otomatis tercatat di riwayat pesan masuk si penerima.

Tarif untuk satu kali mengirim SMS hanya sebesar Rp350. Sehingga dengan jika ingin menggunakan cara cek kuota dari Telkomsel, pastikan dahulu kamu memiliki pulsa dalam jumlah tersebut.

Selain dengan menggunakan SMS, kamu juga bisa menggunakan fitur telepon. Caranya hanya dengan melakukan panggilan kepada nomor Telkomsel lain.

Cara Melakukan Registrasi Kartu Telkomsel

Selain cara cek kuota Telkomsel, Kamu juga perlu mengetahui cara melakukan registrasi kartu Telkomsel. Hal ini tentunya juga krusial bila kamu menggunakan kartu baru. Berikut ini sudah ada beberapa cara registrasi kartu Telkomsel, antara lain:

  1. Pelanggan Lama, Registrasi ulang bisa melalui layanan SMS ke nomor 4444 dengan mengetik pesan: ULANG NIK#Nomor KK#.
  2. Pelanggan baru, Bagi kamu pelanggan baru, cukup mengirim SMS ke nomor 4444 dengan cara mengetik pesan REGNIK#KK#. Telkomsel juga telah menyediakan berbagai layanan lainnya.

Hal ini agar pelanggan mudah melakukan registrasi, yaitu menu akses *444# Call Center 188, dan mesin layanan mandiri MyGraPARI. Layanan GraPARI Virtual ini bisa melalui media sosial.

Contohnya saja, virtual assistant melalui LINE, Facebook Messenger, Telegram. Selanjutnya, web, aplikasi MyTelkomsel, dan pusat pelayanan pelanggan GraPARI.

Cek Kuota Telkomsel yang Mudah

Ada beberapa cara cek kuota Telkomsel yang tersedia dan bisa dicoba. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cek kuota, antara lain:

1. Via Panggilan

Ini merupakan cara cek kuota yang paling mudah dan umum dilakukan. Kamu hanya perlu memanfaatkan fitur panggilan atau dial up yang ada di handphone. Langkah melakukannya sangat praktis seperti di bawah ini:

  • Pertama, pilih menu panggilan yang tersedia di ponselmu. Setelah itu, masuk ke menu panggilan, tekan kode *808#. Selanjutnya, silahkan langsung saja menekan tombol “Call” atau “Panggil”.
  • Berikutnya, akan muncul menu pop up yang berisi informasi untuk menunjukkan Kuota Telkomsel milikmu. Selain dengan memunculkan menu pop up, Telkomsel juga bisa mengirimkan konfirmasi melalui pesan SMS otomatis.
  • Dimana didalamnya berisi informasi soal Kuota Telkomsel yang dibutuhkan. Satu hal yang perlu kamu ketahui sebelum mencoba cara cek kuota Telkomsel

Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp100 untuk setiap call melalui *808#. Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan untuk memiliki saldo yang cukup bila ingin mengecek kuota dengan menggunakan cara ini.

Dikarenakan biaya sebesar Rp100 tersebut akan langsung dipotong melalui pulsa yang dimiliki. Apabila pulsa kurang dari nominal yang ditentukan, maka proses pengecekan akan gagal.

2. Via Customer Service

Cara cek kuota Telkomsel selanjutnya adalah dengan memanfaatkan layanan customer service. Setiap operator seluler tentunya telah memiliki layanan customer service demi memberikan pelayanan yang maksimal.

Kamu bisa memanfaatkan layanan ini untuk mengetahui kuota yang sedang digunakan. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menelepon customer service berikut langkahnya.

  • Apabila kamu menggunakan kartu Simpati, kartu AS dan Loop, maka customer service bisa dihubungi di nomor 188. Sedangkan, untuk kamu yang menggunakan kartu Halo, bisa menghubungi customer service di nomor 133.
  • Ketiklah nomor tersebut dan tekan “Call” atau “Panggilan”. Tunggu beberapa saat sampai customer service menjawab panggilanmu.
  • Apabila sudah terhubung, silahkan katakan keperluanmu yakni ingin mengetahui kuota Telkomsel yang saat ini digunakan. Pihak customer service bisa menangani permintaan, dan segeralah catat informasi yang diberikan.

Melalui cara mengecek kuota yang ada di atas, tentunya akan lebih mudah. Beberapa cara cek kuota Telkomsel di atas bisa langsung kamu pilih salah satunya.