✅ Cara Cek Kuota XL yang Cepat dan Anti Ribet

Diposting pada


Saat ini sebenarnya masih banyak yang belum tahu cara cek kuota XL. XL sendiri sudah menawarkan beberapa layanan Internet menarik bagi pelanggannya, berbagai jenis paket tersebut seperti paket XTRA COMBO LITE, HOTROD.

Bagi kamu yang sering mengakses Internet dengan menggunakan operator XL, pasti sering lupa cek sisa kuota tersedia di smartphone atau cek nomor XL ketika lupa nomor sendiri saat ingin membeli pulsa. Oleh karena itu, berikut ini sudah ada beberapa cara mengecek kuota XL.

Mengenal Cara Cek Kuota Xl

Mengenal-Cara-Cek-Kuota-Xl

Pada informasi ini, akan dipaparkan beberapa cara untuk cek kuota XL pada HP. Misalnya saja seperti dengan melakukan dial melalui HP, mengirimkan SMS, melalui aplikasi MyXL, dan akses website resmi milik XL.

1. Dial menggunakan HP

Dari beberapa cara cek kuota XL yang akan dipaparkan, dial menggunakan HP merupakan cara termudah untuk kamu lakukan. Dari tampilan dial telepon, kamu hanya perlu menekan *123# lalu tekan tombol Call atau panggilan.

Berikutnya, layar akan menampilkan beberapa menu. Pilihlah menu cek Kuota dengan mengetikan angka 5 pada kolom yang telah ada dan tap tombol Send.

Kemudian, pilih menu Cek Kuota dengan cara ketik angka 2 pada kolom tersedia, lalu tap Send. Maka jumlah kuota Xl yang tersisa akan langsung tampil pada layar HP kamu.

2. Cek Kuota XL Melalui SMS

Kamu juga bisa memeriksa atau cek sisa kuota Internet XL kamu dengan cara mengirimkan pesan singkat atau SMS. Berikut ini cara cek kuota XL yang bisa dilakukan dengan menggunakan SMS, antara lain:

  • Pertama, buka aplikasi SMS pada HP, kemudian buatlah pesan SMS seperti biasa. Pada isi pesan, kamu bisa ketik KUOTA lalu kirim ke 868.
  • Berikutnya, tunggu beberapa saat, hingga pesan masuk akan menginformasikan mengenai sisa kuota Internet yang dimiliki. Meskipun menggunakan fungsi SMS, pengiriman SMS untuk memeriksa sisa kuota tersebut tidak akan memakan pulsa.

3. Cek Kuota XL Lewat Aplikasi MyXL

Saat ini hampir semua operator seluler telah menyediakan aplikasi untuk memeriksa kuota Internet penggunanya. Sebelum bisa memeriksa melalui aplikasi myXL, kamu harus mengunduh aplikasi tersebut pada halaman Google Play Store atau iTunes Store.

Cara cek kuota XL selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi username dan password terdaftar dengan menggunakan nomor XL milikmu. Setelah kamu berhasil masuk maka sisa kuota yang dimiliki nomor XL akan terpampang pada layar.

4. Melalui Website MyXL

Cara mengecek kuota XL ini bisa dilakukan sebagai alternatif untuk memeriksa kuota XL. Namun, dalam mengakses menggunakan website harus lebih hati-hati, pastikan situs yang dikunjungi adalah situs resmi XL.

  • Cara mengecek kuota XL pertama, buka browser pada HP https://my.xl.co.id/pre/index1.html#/login. Berikutnya, kamu akan diminta untuk melakukan login, gunakan nomor XL untuk login.
  • Apabila sudah berhasil masuk, maka informasi mengenai pulsa, kuota internet dan masa tenggang kartu XL akan ditampilkan pada halaman tersebut. Cara yang satu ini bisa kamu lakukan dengan lancer dan mudah.

Paket kuota Xl Menggunakan Website MyXL

paket-kuota-xl-di-website

Terdapat berbagai paket yang bisa kamu nikmati jika menggunakan XL Prabayar. Cara cek kuota XL dan aktivasi paket bisa dilakukan melalui *123# atau myXL.

1.     Paket Internet

Xtra Combo merupakan salah satu paket internet dengan kuota mulai dari 5GB-35GB. Paket ini memiliki bonus nelpon bisa untuk streaming youtube tanpa kuota.

Hotrod adalah paket internet dengan kecepatan 100 Mbps 24 jam setiap hari. Super Ngebut digunakan untuk browsing dan download super cepat dengan kuota super besar pada malam hari.

2.     Paket Nelpon & SMS

Xtra Bicara merupakan paket nelpon hemat ke semua operator + kuota internet di semua jaringan. Paket Nelpon ini bisa nelpon sepuasnya ke sesama XL. Nelpon ke semua operator diketahui merupakan Xtra Hemat nelpon ke semua operator.

Nelpon  dan SMS merupakan paket Nelpon ke sesama XL lalu SMS ke semua operator. SMS merupakan paket SMSan Xtra Hemat ke sesama XL lalu semua operator.

Mengenal Apa Itu XL Prioritas

XL-Prioritas

XL Prioritas adalah salah satu layanan Postpaid atau Pascabayar yang dimiliki provider XL Axiata. Adapun layanan dari XL Prioritas ini mempunyai dukungan jaringan 4.5G dari XL Axiata yang diprioritaskan untuk layanan jaringan data.

Sehingga, kecepatan internet yang akan didapat pada saat menggunakan layanan XL Prioritas akan lebih cepat dan stabil dimanapun. Cara cek kuota XL juga mempunyai sistem Pascabayar, dimana akan membuat pengguna bisa menikmati semua layanan XL Prioritas diawal.

1.     Pengguna Baru Membayar Tagihan di Akhir Periode

Kamu baru bisa melakukan pembayaran di akhir periode yang sudah ditentukan. Jadi bila dijabarkan secara singkat, pengguna baru akan membayarkan tagihan di akhir periode sesuai dengan pemakaian.

Nantinya akan terlihat dalam bentuk tagihan secara rinci di Aplikasi MyXL Postpaid. Inilah yang sebenarnya membedakan layanan XL Prioritas dengan XL pada umumnya.

2.     XL Prioritas Banyak Pilihan

Layanan XL Prioritas sendiri tidak hanya fokus terhadap paket Internet saja. Melainkan ada paket lain yang bisa kamu dapatkan saat mendaftarkan diri dengan menggunakan layanan XL Prioritas.

Seperti Myprio Plan yang digunakan untuk internet dan Myprio Plan + Talk berguna internet dan telpon. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menemukan berbagai paket lain untuk XL Prioritas.

Misalnya saja seperti Kuota Booster, Layanan Kuota Reguler, Kuota belajar, dan masih banyak lainnya. Ditambah lagi dengan jumlah Kuota yang lebih dari 15 GB, 25 GB, bahkan ada paket MyPrio Unlimited.

Tentunya, hal ini akan membuat pengguna XL Prioritas menjadikan layanan tersebut sebagai pilihan terbaik untuk Internetan. XL Prioritas juga akan memberikan kemudahan para pelanggannya dalam membayar tagihan pascabayarnya.

3.     Metode Pembayaran Mudah

Pengguna XL dapat menggunakan mastercard, VISA, atau kartu kredit lain. Dimana juga bisa melakukan auto debit ketika waktu pembayaran atau jatuh tempo telah tiba.

Meskipun bersifat Pascabayar, namun tetap saja pengguna layanan XL Prioritas harus secara rutin mengecek sisa kuota. Hal ini dilakukan agar tidak timbul penagihan biaya yang besar.

Cara Cek Kuota Kartu XL Prioritas

cara-cek-kuota-xl-prioritas

Ada beberapa cara cek kuota XL Prioritas, yang bisa kamu lakukan. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasan yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

1.     Cek Kuota XL lewat Aplikasi MyXL Postpaid

Sama seperti cara mengecek kuota yang sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan Aplikasi MyXL untuk mengecek sisa Kuota XL Prioritas. Hanya saja, Aplikasi yang  akan digunakan adalah MyXL Postpaid.

Dimana mana memang dikhususkan untuk pengguna XL Pascabayar. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cek kuota untuk pengguna android, antara lain:

  • Cara cek kuota XL pertama, jika kamu belum memiliki Aplikasi MyXL Postpaid. Maka bisa membuka Google Play Store, kemudian mencari Aplikasi MyXL Postpaid
  • Selanjutnya, Install Aplikasi MyXL Postpaid seperti biasa sampai selesai. Ketiga, jalankan Aplikasi MyXL Postpaid melalui laman menu atau home screen smartphonemu.
  • Keempat, masuk kedalam aplikasi MyXL Postpaid hanya dengan menggunakan Nomor XL Prioritas yang dimiliki seperti biasa. Terakhir, pada halaman utama aplikasi MyXL Postpaid, maka klik pada menu Plan & Booster.

Melalui cara cek kuota XL inilah, kamu bisa melihat sisa data internet yang masih aktif dan bisa digunakan. Perlu diingat, aplikasi MyXL Postpaid hanya bisa digunakan untuk pengguna XL Prioritas dalam melakukan pengecekan sisa paket data internetnya.

Apalagi dalam memilih paket dari XL Prioritas yang lain. Misalnya saja seperti paket Nelpon, Kuota Booster, dan membayar tagihan bulanan.

2.     Cek Kuota XL Prioritas lewat Dial Phone

Cara melihat sisa kuota XL, berikutnya kamu bisa menggunakan aplikasi Dial Phone atau telepon yang ada di perangkat Android maupun iOS. Untuk cara ini, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Caranya ini sangat mudah, antara lain:

  • Cara cek kuota XL pertama, buka Aplikasi dial/Telepon yang ada di Android ataupun iPhone. Kemudian, ketik *123# dan tekan tombol Call / Panggil seperti biasa.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul beragam pilihan menu yang bisa dipilih. Langsung saja, pilih pada menu PRIO Info, yaitu dengan nomor 6, lalu kemudian tekan Balas / Kirim
  • Setelah itu, kamu pilih menu Nomor 1 yang bertuliskan Cek Kuota, dan kemudian tekan Balas/Kirim lagi. Terakhir, kamu tinggal memilih paket XL Prioritas yang ingin di cek kuotanya.

Hal ini tentunya berlaku untuk pengguna XL prioritas yang memiliki lebih dari 1 Paket XL. Untuk pengguna paket XL Axiata atau bukan Prioritas, cara cek kuota XL ini tentu tidak akan berlaku.

Hal ini karena walaupun caranya terbilang sama, namun tetap saja kartumu tidak terdaftar sebagai pengguna XL Prioritas. Nantinya secara otomatis menu ini tidak akan muncul.

Cek Kuota XL Prioritas lewat Kode USSD

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan kode USSD yang sama seperti sebelumnya. Perbedaannya, disini kamu akan lebih menggunakan shortcut atau cara cepat dari Kode USSD.

Hal ini tentunya berguna untuk menampilkan sisa penggunaan kuota dari paket XL Prioritas. Adapun cara cek kuota XL, antara lain sebagai berikut:

  • Pertama, bisa buka Aplikasi Telepon yang ada di perangkat Android maupun iOS. Lalu ketikkan kode USSD untuk melihat sisa Kuota XL Prioritas dengan menekan *123*6*1#.
  • Selanjutnya, tunggu sampai muncul tampilan pop up pilihan paket kuotamu. Cara cek kuota XL selanjutnya, pilih nomor yang sesuai dengan paket, (misal 1) dan ketikkan nomor 1 pada kolom yang tersedia, lalu pilih kirim balas.
  • Terakhir, kamu tinggal menunggu balasan dari pihak XL Prioritas. Dimana akan menampilkan sisa kuota dari paket yang dimiliki.

Cek Kuota Data XL Online

Selain menggunakan beberapa cara cek kuota XL yang ada di atas, kamu dapat menggunakan layanan online. Layanan ini berupa cara mengecek kuota secara online menggunakan situs web.

Kamu dapat mengakses setiap saat pada perangkat apapun itu. Cara mengecek kuota XL secara online, seperti penjelasan di bawah ini:

  • Pertama, kamu wajib menjalankan browser di HP atau pc. Kamu bisa memakai google chrome atau browser bawaan.
  • Lalu masuk ke situs web resmi milik XL, yakni MyXL. Pada halaman tersebut, nantinya akan ditampilkan halaman login. Cra selanjutnya, kamu dapat langsung login menggunakan nomor xl atau facebook.
  • Namun, dengan catatan sudah pernah mendaftar melalui aplikasi. Kamu akan langsung dibawa masuk ke halaman utama. Disana sudah terlihat secara jelas bahwa sisa kuota akan diperlihatkan.

Beberapa informasi seputar cara mengetahui sisa kuota XL Prioritas sudah cukup jelas Untuk info yang lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi laman bantuan atau situs dari XL Prioritas.

Sementara itu, untuk mendapatkan bantuan atau mengetahui informasi lebih lanjut tentang layanan XL Prioritas bisa tanya customer service. Cara cek kuota XL ini terbilang sangat mudah dan cepat jika mengetahui langkahnya.