✅ Cara Menggunakan Web Capture di Microsoft Edge pada Windows

Diposting pada

Artikel ini akan membahas tentang panduan cara menggunakan Web Capture di Microsoft Edge pada perangkat komputer atau laptop Windows 10 dan juga Windows 11.

Perlu diketahui juga bahwa browser buatan Microsoft ini memang hadir dengan berbagaimacam fitur yang memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah Web Capture ini, yang mana Anda tidak perlu lagi instal Software tambahan untuk menyimpan tampilan layar atau screenshot.

Mengambil screenshot adalah aktivitas sehari-hari yang diikuti hampir semua orang. Sekarang kita terlalu malas untuk menyalin-menempel dan bahkan menulis. Ini adalah fitur penting yang sangat berguna bagi penggunanya,  Meskipun ada banyak Softwate Screenshot/capture layar profesional dan gratis. tetapi jika Anda mencari fitur bawaan, Microsoft Edge Chromium yang baru telah membantu Anda. Dalam posting ini, kita akan melihat sekilas cara menggunakan Web Capture di Microsoft Edge untuk menambahkan anotasi atau mengambil tangkapan layar.

Cara Screenshot Website di Browser Edge

cara screenshot di microsoft edge

Ada beberapa cara Anda dapat mengambil tangkapan layar, tetapi saya yakin Anda akan sering menggunakan pintasan keyboard.

  • Tombol Toolbar
  • Keyboard Shortcut
  • Klik kanan di mana saja di halaman web
  • Menu pengaturan

Setelah mengambil tangkapan layar, Anda akan mendapatkan opsi untuk menyalin ke clipboard atau pratinjau, kemudian dapat memilih untuk berbagi menggunakan opsi Berbagi Windows, menyalin, dan menyimpan. Untuk lebih jelasnya kami akan jelaskan langkah-langkahnya seperti dibawah ini :

Tombol Toolbar

Tombol Toolbar Web Capture

Jika ingin melakukan screenshot dari Menu Toolbar, Anda bisa mengikuti langkah-langkanya berikut ini :

Buka Pengaturan Tepi > Tema > Sesuaikan Bilah Alat > Beralih Saat Tampilkan Tombol Tangkap Web. Sekarang Anda seharusnya dapat melihat daftar tangkapan, ekstensi, dan di mana profil Anda tersedia. Klik, dan itu akan siap untuk mengambil tangkapan layar.

Keyboard Shortcut: Ctrl+Shift+S

Keyboard Shortcut Web capture microsoft edge
Keyboard Shortcut Web capture (image:thewindowsclub.com)

Dengan menggunakan keyboard shortcut Ctrl+Shift+S ini, Anda bisa langsung masuk ke proses tangkapan layar. Layar komputer akan menambahkan sorotan abu-abu di atas tab saat ini. Pilih bagian yang ingin Anda salin.

  1. Klik Copy untuk menyalin gambar yang dipilih ke papan klip Anda – yang kemudian dapat Anda tempel ke editor gambar apa pun
  2. Pilih Tambahkan catatan jika Anda ingin menambahkan anotasi. Setelah melakukan ini, Anda dapat menyimpan gambar.
  3. Secara default, gambar disimpan ke folder Unduhan, tetapi Anda dapat menyimpannya ke lokasi yang Anda inginkan.

Klik kanan di mana saja di halaman web

Menu Web Capture terintegrasi ke dalam menu konteks, dan mereka yang tidak ingin memakai keyboard dapat memakai pilihan ini.

Tepat di sebelahnya, pintasan keyboard juga disebutkan jika Anda berada di sini untuk pertama kalinya.

Opsi ini akan digunakan paling sedikit karena tersedia di Pengaturan Tepi. Ada terlalu banyak klik, tetapi jika Anda tidak menemukan pintasan keyboard berfungsi atau hilang di menu klik kanan, maka Anda dapat menggunakan ini.

Demikianlah penjelasan tentang cara menggunakan Web Capture di Microsoft Edge. Semoga dengan adanya panduan ini bisa membantu kalian yang masih kesulitan ketika ingin menyimpan tampilan layar website dalam bentuk gambar.