✅ Excel Tidak Bisa Buka File? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Diposting pada


Tidak diragukan lagi, Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak yang paling disukai di seluruh dunia, tetapi terkadang muncul masalah di mana Excel tidak bisa buka file tertentu.

Jika kamu menghadapi situasi ini, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena artikel ini akan memberi tahu tentang bagaimana cara mengatasi Excel file extension not valid atau masalah file Excel tidak bisa dibuka. Selain itu, kami juga akan memberi tahu kamu alasan atau penyebab di balik masalah ini sehingga bisa menghindarinya. Jadi tanpa membuang waktu kita, Ayo mulai!

Bagian 1: Mengapa Excel Tidak Bisa Membuka File?

Pada dasarnya ada dua alasan utama mengapa Excel tidak bisa buka file tersebut. Kedua alasan ini adalah:

1. File Excel Rusak

Jika file Excel yang kamu punya rusak, maka itu tidak akan bisa dibuka. Kerusakan file disebabkan oleh berbagai alasan seperti aktivitas internet yang tidak terkait, sistem yang tidak terlindungi, malware, dll. Sebenarnya, file yang rusak tidak berisi data yang benar. Mereka mungkin melewatkan atau tidak dapat membaca data. Itu sebabnya beberapa perangkat lunak seperti Microsoft Excel tidak mendukung file-file ini.

2. Format File Tidak Didukung

Jelas bahwa setiap perangkat lunak harus diperbarui. Itu sebabnya desainer selalu memperbarui perangkat lunak sesuai dengan tuntutan zaman. File apa pun dengan format yang kedaluwarsa tidak akan didukung oleh perangkat lunak Microsoft Excel yang diperbarui. Jika Kamu sudah menggunakan MS Excel versi terbaru, maka hanya file yang didukung versi terbaru yang akan bisa dibuka. Jika masih menggunakan MS Excel versi lama, maka format file terbaru tidak akan didukung dan tidak bisa dibuka.

Bagian 2: Tiga Cara Memperbaiki file Excel tidak bisa dibuka

Pada bagian ini, kita akan membahas tiga cara untuk memperbaiki file Excel yang tidak dapat dibuka. Mari kita lihat satu per satu.

Cara 1: Ubah ekstensi file

Cara pertama ini akan menyelesaikan masalah dengan membuat filemu jadi kompatibel dengan program. Masalah kompatibilitas file tidak jarang saat ini karena MS Excel dari versi 2007 ke atas dapat membuka hampir semua spreadsheet dalam semua format, tetapi versi pra-2007 tidak bisa. Tetapi jika file Kamu tidak dapat dibuka karena versi perangkat lunak yang kedaluwarsa atau format file yang tidak didukung, maka file tersebut akan terbuka setelah mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini.

Langkah 1: Buka file Excel apa pun dan klik tombol File di sudut kiri atas layar. Sekarang pilih Open > Computer > Browse.

cara-buka-file-di-ms-excel

Langkah 2: Ini akan membuka jendela di layar tempat kamu bisa dengan mudah mengidentifikasi file tertentu yang menyebabkan masalah. Pilih file dari perangkatmu.

Langkah 3: Setelah memilih file, buka kolom nama file dan ganti extensi “xlsx” dengan “xls” dan simpan. Setelah itu, coba buka file tersebut, dan itu akan terbuka dengan mudah.

cara-mengubah-extensi-xlsx-ke-xls

Cara 2: Gunakan alat perbaikan file untuk memeriksa apakah file tersebut rusak dan memperbaikinya.

File yang rusak tidak akan pernah bisa dibuka oleh Microsoft Excel. Satu-satunya cara untuk membukanya adalah dengan memperbaiki file ini. Sekarang, ada berbagai cara untuk memperbaiki file yang rusak, tetapi kami akan menunjukkan yang paling mudah yaitu dengan iMyFone UltraRepair yang dapat membantu kamu sebagai solusi akhir untuk masalah ini.

Software ini sangat mudah digunakan, nyaman dan aman. Selain itu, tool ini menawarkan daftar panjang fitur yang sangat berguna bersama dengan proses 3 langkah sederhana untuk memperbaiki file apa pun. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk memperbaiki file Excel dengan tool UltraRepair iMyFone.

   

Langkah-Langkah Menggunakan UltraRepai iMyFone

Langkah 1: Klik tautan atau tombol download agar bisa langsung masuk ke situs resminya secara langsung. Kemudian Unduh dan instal UltraRepair iMyFone di perangkat kamu.

download-imyfone-ultrarepair

Langkah 2: Setelah selesai menginstal. Buka program, klik tombol Perbaikan File di sidebar kiri bawah, lalu klik tombol Tambah File. Tool ini akan memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi dan mengimpor file yang rusak dari perangkat yang sedang digunakan.

instal-imyfone-ultrafepair

Langkah 3: Kamu juga bisa Impor satu atau beberapa file sekaligus, dan alat iMyFone UltraRepair akan mulai memperbaiki file yang diimpor secara otomatis. Setelah beberapa detik atau menit, ini akan menampilkan pemberitahuan pop-up tentang perbaikan filemu yang berhasil.

proses-repair-file-excel-yang-tidak-bisa-dibuka

Langkah 4: Klik tombol OK dan simpan file-file ini. Sekarang file-file tersebut tidak akan rusak dan dapat dibuka kembali dengan Microsoft Excel dengan mudah.

proses-repair-file-by-imyfone

Cara 3: Ubah Izin Grup

Terkadang, alasan mengapa file tidak dapat dibuka bukanlah ‘file rusak’ atau ‘file tidak kompatibel’. Mungkin karena izin yang Anda tetapkan untuk perangkat Anda. Jika program atau program tertentu tidak diizinkan untuk merespons file tertentu, itu tidak akan didukung atau dibuka oleh program khusus itu. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengubah pengaturan izin. Untuk melakukannya, cukup ikuti langkah-langkah mudah yang disebutkan di bawah ini.

Langkah-langkah penggunaan cara ubah izin group :

Langkah 1: Klik kanan pada file Excel yang dipilih yang tidak dibuka oleh Microsoft Excel. Daftar drop-down akan muncul; Klik pada opsi properties.

Langkah 2: Ini akan membuka dialog, buka tab Security dan klik tombol Edit > Add > Advanced

change-permission-file-excel

Langkah 3: Jendela baru akan muncul di layar setelah kamu mengklik tombol Advanced. Tekan tombol “Cari” lalu pilih “Semua Orang” dari daftar/hasil pencarian di bawah. Ini akan memungkinkan file kamu ditanggapi oleh Microsoft Excel.

change-permission-file-excel-step-2

Kesimpulan:

Tidak ada yang dapat menyangkal pentingnya, kinerja, dan keunggulan Microsoft Excel. Beberapa orang menyalahkan MS Excel karena tidak mendukung file yang berbeda. MS Excel tidak pernah bertanggung jawab atas situasi seperti itu. Alasan mengapa file Excel tidak bisa dibuka mungkin karena masalah lain. Semua alasan ini sudah dibahas dalam artikel ini. Software iMyFone UltraRepair adalah salah satu alat terbaik untuk memperbaiki MS Excel yang rusak dan banyak file lainnya dalam beberapa menit dalam tiga langkah mudah. Kami juga telah menyebutkan tiga cara mudah dan layak dicoba untuk menyelesaikan file Excel yang tidak membuka masalah. Kami harap artikel ini membantu kamu mendapatkan file penting dengan aman dan sehat tanpa kerusakan apa pun.