✅ Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global

Diposting pada

Pertanyaan

Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global

Jawaban

Efek rumah kaca adalah proses pemanasan permukaan benda langit baik planet maupun satelit yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya.

Pemanasan global adalah proses meningkatnya rata – rata suhu pada atmosfer, laut dan bumi.

Penjelasan

Efek rumah kaca diidentikkan dengan panas matahari yang terperangkap pada atmosfer bumi karena sinar matahari yang masuk ke bumi tidak dapat dipantulkan dengan sempurna. Efek rumah kaca disebabkan oleh berbagai hal seperti penebangan hutan, penggunaan bahan bakar fosil, limbah industri dan lain – lain. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi efek rumah kaca seperti menghemat penggunaan tenaga listrik, mengolah sampah denga baik, kurangi penggunaan CFC dan lain – lain.

Pemanasan global terjadi karena meningkatnya suhu di bumi yang mengakibatkan dapat menurunkan kualitas hidup manusia. Pemanasan global harus ditanggulangi agar tidak mengganggu kehidupan manusia. Ada berbagai peristiwa yang menjadi penyebab pemanasan global seperti meningkatnya gas karbon monoksida dari kendaraan bermotor, boros dalam pemakaian listrik, polusi udara dari cerobong asap pabrik dan lain – lain.

Efek Rumah Kaca

Efek tempat tinggal kaca adalah kata yg dipakai buat mendeskripsikan bumi mempunyai pengaruh misalnya tempat tinggal kaca diatas dimana panas mentari terperangkap sang atmosfer bumi. Gas-gas pada atmosfer misalnya karbon dioksida (CO2) bisa menunda panas mentari sebagai akibatnya panas mentari terperangkap pada pada atmosfer bumi. Normalnya, dalam siang hari mentari menyinari bumi sebagai akibatnya bagian atas bumi sebagai hangat, & dalam malam hari bagian atas bumi mendingin. Akan tetapi, dampak adanya pengaruh tempat tinggal kaca, sebagian panas yg harusnya dipantulkan bagian atas bumi diperangkap sang gas-gas tempat tinggal kaca pada atmosfer. Inilah mengapa bumi sebagai semakin hangat menurut tahun-ketahun. Efek rumah kaca merupakan fenomena meningkatnya suhu bumi karena panas matahari yang sampai ke bumi terjebak dalam atmosfer bumi. Disebut dengan efek rumah kaca karena mirip dengan proses peningkatan suhu pada rumah kaca. Peningkatan suhu dalam rumah kaca terjadi karena sinar matahari dipantulkan oleh benda-benda dalam rumah kaca sehingga udara panas dalam rumah kaca tidak keluar.

Efek rumah kaca disebabkan oleh banyaknya gas karbon dioksida di udara. Karbon dioksida dapat menahan panas matahari untuk tetap berada di dalam atmosfer bumi. Hal ini menyebabkan suhu bumi kian tahun semakin tinggi.

Dampak Efek Rumah Kaca

Beberapa dampak yang ditimbulkan oleh rumah kaca diantaranya adalah:

  1. Perubahan iklim yang ekstrim
  2. Meningkatnya permukaan air laut
  3. Meningkatnya suhu global
  4. Gangguan ekologis
  5. Dampak pada sosial dan politik. Panas yang berlebih dapat menimbulkan penyakit dan gagal panen yang menyebabkan malnutrisi dan penurunan ekonomi masyarakat.

Kesimpulan

Efek rumah kaca menyebabkan sinar matahari terjebak di dalam atmosfer bumi, sehingga suhu permukaan bumi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal inilah yang menimbulkan pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim di bumi.

Pelajari

1. Efek rumah kaca

2. Pemanasan global

3. Mencegah pemanasan global

=================

Kelas: 10

Mapel: Geografi

Bab: Bab 5 – Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer