✅ Sebutkan beberapa peran tokoh pengembang agama islam di indonesia…

Diposting pada

Pertanyaan

Sebutkan beberapa peran tokoh pengembang agama islam di indonesia…

Jawaban

1). Sunan gresik (maulanan Malik Ibrahim. inilah wali pertama datang ke jawa pda abad ke 13 dan menyiarkan islam di sekitar gresik, dimakamkan di gresik, jawa timur.

2). Sunan amper(raden rahmat) menyiarkan islam di ampel surabaya., jawa timur. Beliau merupakan perancang masjid di demak.

3). Sunan derajad (syarifudin) anak dari sunan ampel. Menyiarkan agama di sekitar surabaya. Seorang suna yg sangat berjiwa sosial.

4). Sunan bonang (makdum ibrahim). Anak dri sunan ampel. Menyiarkan islam di tuban,lasem,dan rembang.

5). Sunan kalijaga (raden mas said/jaka said). Murid sunan bonang menyiarkan islam di jawa tengah.

6. Sunan giri(raden paku) menyiarkan islam di luar jawa. Yaitu madura ,bawean,nusa tenggara,maluku.

7. Suna kudus(jafar sodiq) menyiarkan islam di kudus,jawa tengah.

8. Sunan muria(raden umar said) menyiarkan islam di lereng gunung muria, jawa tengah.

9. Sunan gunung jati(syarif hidayatullah) menyiarkan islam di banten sunda kelapa,dan cirebon. Seorang pemimpin yg berjiwa besar.

Penjelasan

  • Tokoh pengembang agama Islam di Indonesia

Penyebaran agama Islam di Nusantara, melalui proses dengan usaha keras dari para ulama-ulama, pedagang, raja, bangsawan dari berbagai daerah melalui pendidikan formal, maupun pesantren serta dakwah. Maka dari itu, tercatatlah sejarah panjang dalam perkembangan Islam di Indonesia. Salah satunya yang terkenal dalam penyebaran agam Islam di pulau Jawa adalah Wali Songo. Banyak teori tentang masuknya Islam di Indonesia, salah satu teori yang paling terkenal adalah pedagang gujarat yang berasal dari India namun juga dekat dengan Arab, dimana pedagang gujarat berkeliling hingga ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam ikarena Indonesia merupakan tempat strategis dalam jalur perdagangan timur serta barat. Wali Songo atau sembilan wali, berperan penting dalam penyebaran Islam di pulau Jawa tepatnya daerah-daerah seperti Gresik, Surabaya, Rembang, Lamongan, Kudus, Demak, Cirebon serta daerah-daerah lainnya. Ini menyebabkan Islam dapat berkembang pesat dan menjadi agama mayoritas di Indonesia.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa tokoh-tokoh pengembang Islam merupakan tokoh-tokoh yang penting serta banyak yang tercatat dalam sejarah, karena peran-peran penting mereka dalam berusaha menyebarkan Islam di Nusantara Indonesia. Melalui banyak cobaan serta pertentangan yang berakhir membuat Indonesia menjadi agama mayoritas Islam serta menjadikan Indonesia dengan pemeluk agama Islam terbanyak. Ini tidak terlepas dari usaha wali songo.

Jadi berikut beberapa peran tokoh pengembang agama Islam di Indonesia:

  1. Datuk ri Tiro, beliau hadir untuk mengislamkan masyarakat Bonto Tiro. Suka berpegang teguh pada ilmu-ilmu sihir. Peran beliau sangat penting menyebarkan agama di Bonto Tiro.
  2. Datuk ri patimpang, beliau menyebarkan agama Islam di Luwu, dimana beliau menyebarkan agama Islam kepada para kalangan elite kaya di kerajaan Luwu dan masyarakat luwu.
  3. Sunan Gunung Jati, beliau berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Cirebon, dimana Cirebon menjadi pusat dakwah serta pemerintahanya yang besar, sehingga terbentuk menjadi kesultanan Cirebon.
  4. Sunan Muria, melakukan penyebaran Islam besar di Muria, dengan usaha sabar dan teguh menyebarkan agama Islam hingga akhirnya bisa diterima masyarakat.
  5. Sunan Kalijaga, beliau melakukan penyebaran Islam di daerah demak, Sunan Kalijaga melakukan dakwah yang unik melalui sarana pembelajaran kesenian, kebudayaan dengan dimasukan nilai-nilai Islam di dalamnya.