✅ Sebutkan ciri-ciri meteor

Diposting pada


Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Sebutkan ciri-ciri meteor tugas soal Kelas: X Mata pelajaran: Biologi Materi: Bab 3 – Dinamika Planet Bumi dan Tata Surya.


Pertanyaan:

Sebutkan ciri-ciri meteor

Jawaban:

Ciri meteor:

  1. Berwarna kehitaman
  2. Memiliki massa jenis lebih besar (lebih rapat) dari batuan bumi
  3. Kebanyakan terbuat dari silikon dan oksigen (mineral yang disebut silikat) dan logam-logam yang lebih berat seperti nikel, magneisum, dan besi.
  4. Berasal dari Meteoroid yang jatuh ke Bumi dari luar angakasa

Penjelasan

Meteoroid adalah benda luar angkasa yang berukuran kecil, lebih kecil dari planet kerdil dan asteroid, dengan jari-jari hingga 10 meter. Meteoroid merupakan salah satu benda langit di Tata Surya.

Meteoroid dapat jatuh ke Bumi (atau planet lain) dalam fenomena meteor. Batuan meteoroid yang jatuh hingga permukaan Bumi disebut dengan meteorit.

Meteor nampak menyala ketika memasuki atmosfer karena bahan penyusunnya terbakar akibat gaya gesek dengan partikel udara, dan menyebabkan pijaran dan cahaya terang.

Sebagian besar meteoroid tersusun dari batuan silikat, yaitu batuan yang terdiri dari unsur silikon (S) dan oksigen (O), setra mengandung berbagai jenis logam. Logam terbanyak yang terdapat di meteoroid adalah besi (Fe) dan nikel (Ni). Kandungan logam membuat meteor lebih rapat dan padat dari batuan bumi.

Warna pijaran meteor tergantung pada kandungan logam meteoroid seperti:

  1. Oranye-kuning (natrium)
  2. Kuning (besi)
  3. Biru-hijau (magnesium)
  4. Violet (kalsium)

Ketika meteoroid, komet, atau asteroid memasuki atmosfer Bumi kecepatan biasanya dapat mencapai lebih dari 20 km/s. Kecepatan besar ini menghasilkan gaya gesek besar dan suhu mencapai 1000 derajat Celsius.