✅ Sebutkanlah hikmah zakat

Diposting pada

Kunci Jawaban Sudah Terverifikasi Ahli Pertanyaan Tentang Sebutkanlah hikmah zakat Tugas Soal : Kelas: XI Mapel: AGAMA Bab: Al Quran sebagai pedoman hidup.

Pertanyaan:

Sebutkanlah hikmah zakat

Jawaban:

hikmah zakat adalah membersihkan harta, menumbuhkan kasing sayang , mewujudkan kesejahteraan sosial dan mencegah kejahatan. Zakat adalah harta pribadi yang wajib dikeluarkan seorang muslim bila telah memenuhi syarat waktu dan jumlahnya. Yang mana zakat merupakan perintah ALLAH dan salah satu rukun islam.

Penjelasan

Zakat adalah harta pribadi yang wajib dikeluarkan seorang muslim bila telah memenuhi syarat waktu dan jumlahnya. Yang mana zakat merupakan perintah ALLAH dan salah satu rukun islam.

1. ZAKAT MAL

Zakat mal yaitu zakat dari harta seorang muslim yang dibayarkan bila seorang muslim memenuhi syarat –syaratnya. Yaitu memiliki harta itu secara sempurna, harta yang dimiliki merupakan harta yang sempurna, telah mencapai nishobnya ( jumlahnya seusai syariat yang wajib dizakatkan), telah mencapai haulnya ( yaitu bertahan selama satu tahun), hartanya kelebihandari kebutuhan pokoknya.

Harta yang wajib zakatnya adalah emas, perak, uang, hewan ternak, hasil pertanian dan perkebunan

Harta berupa uang, emas, perak dibayarkan 2,5% apabila telah mencapai nishobnya. ( emas 85 gram emas murni, perak 595 gram prak murni, uang mengikuti ketentuan emas dan perak )

Sedangkan untuk hewan ternak dan perairan ada hitungan sendiri yang akan kita bahas dilain waktu.

2. ZAKAT FITRAH

Zakat fitrah yaitu zakat berupa sedekah yang wajib dibayarkan seorang muslim pada saat bulan ramadhan untuk menyempurnakan ibadah puasa ramadhannya.

Zakat fitrah wajib ditunaikan seorang muslim apabila memenhi syarat , pertama ias seorang muslim, kedua mampu membayar zakat fitrahnya. Batasan mampu ini ulama sampaikan ia memiliki makanan untuk ia dan keluarganya pada hari raya idul fitri.

Asnaf zakat yaitu  golongan yang berhak menerima zakat , sesuai dengan firman ALLAH dalam surah At Taubah ayat  60  “Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”  Dan berarapa dalil lainnya, maka asnaf zakat ada delapan golongan , yaitu :

  1. Fakir ( fuqara)
  2. Miskin (al masakin )
  3. Amil zakat ( orang yang mengumpulkan zakat )
  4. Muallaf
  5. Budak
  6. Gharim ( orang yang dilikit hutang )
  7. Fi sabilillah ( orang yang sedang dijalan ALLAH )
  8. Ibnu sabil ( orang yang dalam perjalanan )

Nah adik-adik diantara beberapa hikmah zakat adalah :

  1. Membersihkan harta yang kita miliki dan menjauhkan bala karena asbab harta kita tersebut
  2. Mewujudkan sifat kasih sayang dan saling tolong menolong kepada saudara muslim
  3. Terwujudnya keseimbangan sosial dan kesejahteraan sosial
  4. Berkurangnya kejahatan karena akar kejahatan adalah kemiskinan
  5. Menjauhkan sifat kikir, pelit, sombong dan sifat buruk lainnya dari dalam hati
  6. Dan tentu masih banyak lagi hikmah dan manfaatnya baik di dunia maupun di akhirat.

Pelajari lebih lanjut

1. Jelaskan perbedaan zakat mal dan zakat fitrah lengkap!!

2. Ibu Fatimah adalah seorang pegawai negeri, dalam satu tahun dapat menyimpan uang sebesar rp.55.000.000, berapa zakat yang harus di keluarkan selama satu tahun?