Bagasi Mobil Bisa Diisi Sepeda, Penasaran? Simak Selengkapnya Yuk!

Bagasi Mobil Bisa Diisi Sepeda, Penasaran? Simak Selengkapnya Yuk!


Bagasi Mobil Bisa Diisi Sepeda, Penasaran? Simak Selengkapnya Yuk!

Rajamobil.com, Beberapa waktu lalu sempat ramai diberitakan tentang kendaran roda empat yang ditilang akibat membawa sepeda di dalam kabin. Namun nampaknya ada kesalahan terhadap kebijakaan pasal tersebut, pada akhirnya menjadi blunder untuk pihak berwajib. Kendaraan tersebut mendapat tilang karena dianggap menyalahi aturan dan melanggar pasal 307, dimana pasal tesebut menjelaskan “kendaraan bermotor angkutan umum barang melebihi dimensi angkutan dan dapat membahayakan keselamatan“.

Pihak berwajib keliru dalam menerapkan aturan tersebut, ketentuan itu dibuat hanya untuk kendaraan barang atau truk pelat kuning yang membawa muatan dengan dimensi terlalu tinggi atau besar. Terlepas dari benar atau salahnya, untuk #KawanMobil yang hendak membawa sepeda menggunakan mobil perlu memperhatikan beberapa hal terkait kenyamanan dan keselamatan berkendara. Nah… tim rajamobil.com sudah menyiapkan tips aman dan nyaman untuk membawa sepeda menggunakan mobil.

1. Ketahui Payload Mobil

Bagasi Mobil Bisa Diisi Sepeda, Penasaran? Simak Selengkapnya Yuk!

Payload, atau daya angkut maksimal suatu kendaraan harus diperhatikan terlebih dahulu, sebelum Kamu membawa barang berat maupun besar seperti sepeda kedalam mobil. Ketika kendaraan kelebihan beban, maka kendaraan tersebut menjadi kurang stabil sehingga sulit untuk dikendalikan. Hal tersebut membuat beberapa komponen bekerja lebih keras, seperti ban dan rem.

Jika itu dibiarkan, maka akan sangat beresiko untuk keselamatan berkendara, terlebih disaat kondisi jalanan basah atau saat memasuki musim hujan. Beberapa mobil dengan daya angkut maksimal cukup besar yaitu, Toyota All New Fortuner, Mitsubishi New Pajero Sport dll.

2. Melepas Beberapa Part Sepeda

Bagasi Mobil Bisa Diisi Sepeda, Penasaran? Simak Selengkapnya Yuk!

Setelah mengetahui Payload dari mobil Kamu, cobalah untuk memasukan sepeda kedalam mobil. Cara ini hampir sering dilakukan karena praktis dan mudah, tetapi tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika sepeda Kamu terlalu besar, maka jangan memaksakan untuk memasukannya ke dalam mobil. Cobalah untuk melepas beberapa part dari sepeda, seperti ban atau jok untuk lebih memudahkan sepeda masuk ke dalam bagasi.

Pastikan menaruh sepeda dalam keadaan terikat atau disematkan tali pengaman, hal ini untuk mencegah sepeda bergerak bahkan terlempar saat jalanan terjal atau saat melakukan pengereman mendadak. Jangan lupakan juga kenyamanan dan keamanan pengemudi maupun penumpang. Pastikan sepeda tidak menghalangi pandangan pengemudi saat melihat ke belakang dan seluruh penumpang tidak merasa terganggu dengan keberadaan sepeda. Beberapa rekomendasi mobil dengan bagasi cukup luas seperti, Toyota New Sienta, Mitsubishi New Xpander dll.

3. Menggunakan Bike Rack

Bagasi Mobil Bisa Diisi Sepeda, Penasaran? Simak Selengkapnya Yuk!

Walaupun bisa memasukan sepeda ke dalam bagasi mobil, sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan Bike Rack. Cara ini juga bisa dilakukan, terlebih lagi untuk Kamu yang menginginkan kabin luas, panjang, dan lebih nyaman. Ada dua pilihan rak sepeda, yaitu Trunk Rack terletak di bagian belakang mobil dan Roof Bike Rack terletak di bagian atap mobil.

Dalam memilih rak sepeda juga harus diperhatikan, pastikan untuk menggunakan rak sepeda yang memiliki standar dan kualitas terbaik agar lebih aman. Tentunya harus dari distributor resmi, sehingga memudahkan jika suatu saat terjadi masalah. Sebelum menggunakannya, pastikan untuk membaca buku panduan penggunaan secara baik dan benar.

4. Melipat Sepeda

Bagasi Mobil Bisa Diisi Sepeda, Penasaran? Simak Selengkapnya Yuk!

Jika sepeda yang Kamu miliki merupakan jenis folding bike atau sepeda lipat, maka hal ini akan lebih memudahkanmu untuk membawanya menggunakan mobil. #KawanMobil hanya perlu melipat sepeda sebelum memasukannya ke dalam bagasi. Bahkan, #KawanMobil bisa memasukan sepeda lebih dari satu kedalam bagasi. Tentunya harus menyesuaikan juga dengan payload, atau daya angkut maksimal yang sudah kita bahas diawal ya #KawanMobil.

5. Perhatikan Kondisi Mobil

Bagasi Mobil Bisa Diisi Sepeda, Penasaran? Simak Selengkapnya Yuk!

Bagian terakhir yang perlu Kamu perhatikan adalah kondisi mobil, pastikan mobilmu dalam keadaan dan kondisi prima sebelum Kamu berkendara. Hal ini perlu diperhatikan setiap Kamu hendak berkendara, terlebih lagi jika Kamu membawa barang berat dan besar seperti sepeda. Situasi ini akan membuat beban mobil jauh meningkat, maka dari itu keadaan dan kondisi mesin yang prima sangat dibutuhkan. Perangkat pendukung sperti rem, ban, stir dan kaki – kaki mobil pun harus memadai, guna menambah kenyamanan dan keamaanan saat berkendara.

Kira-kira seperti itu #KawanMobil tips untuk membawa sepeda menggunakan mobil yang aman dan juga nyaman. Semoga dapat bermanfaat untuk #KawanMobil yang gemar bepergian jauh menggunakan mobil dan hendak membawa sepeda kesayangannya. Jangan lupa, selalu percayakan kebutuhan kendaraan roda empatmu kepada Rajamobil.com, karena RajaMobil.com adalah portal mobil yang memudahkan pengunjung dalam proses jual-beli mobil baru dan bekas, tersaji secara eksklusif dengan gambar menarik dan informasi lengkap. Rajamobil.com juga memiliki banyak fitur menarik yang tentunya berkaitan dengan bisnis mobil, seperti perhitungan simulasi kredit dan asuransi, serta fitur lainnya.

(GAP).



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *