Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Hitam? Yuk Ketahui Penyebabnya!

Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Hitam? Yuk Ketahui Penyebabnya!


Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Hitam? Yuk Ketahui Penyebabnya!

Rajamobil.com, Mobil bagus-bagus tapi kok asapnya hitam sih! kenapa yaa?. Halo #KawanMobil, mobil Kamu pernah mengalami hal tersebut? buruan dicek deh dari pada mobil kesayanganmu jadi bermasalah, gak mau kaan. Sebagian orang mungkin masih tidak tahu bahkan bertanya-tanya, kenapa knalpot mobilnya bisa mengeluarkan asap hitam. Alhasil, karena ketidaktahuannya Mereka membiarkan hal itu terjadi. Sepele mungkin, tetapi kalo dibiarkan begitu saja bisa memicu terjadinya kerusakan pada mesin mobil. Waduuh kalo gitu, jadi mau tahu nih apa penyebabnya biar gak makin parah. Tenang #KawanMobil, kita akan kasih bocorannya untuk Kalian.

Jika knalpot mobil mengeluarkan asap hitam itu tandanya mesin sedang melakukan pembakaran bahan bakar terlalu banyak, dikarenakan adanya kontaminasi oli secara berlebih. Bahan bakan dan oli harus tercampur secara berimbang, jika tidak maka akan terjadi masalah. Hal ini akan sangat mempengaruhi mesin baik diesel maupun bensin, terutama mesin diesel akan lebih mudah mendapatkan masalah ini.

Asap hitam yang keluar dari knalpot mobil biasanya disebabkan oleh beberapa hal, berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai sebab terjadinya asap hitam dari knalpot.

1. Campuran Bahan Bakar Berlebih

Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Hitam? Yuk Ketahui Penyebabnya!Salah satu dari beberapa penyebab utama asap hitam yang keluar dari knalpot adalah terlalu banyak campuran bahan bakar. Hal ini akan menyebabkan bensin tidak bercampur dengan molekul udara sesuai rasio yang tepat, sehingga ketika mesin menyala busi tidak mendapatkan pembakaran secara sempurna. Emisi gas buang sisa pembakaran pun akan lebih pekat bahkan pedih jika tekena mata.

2. Kerusakan Sistem Injeksi

Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Hitam? Yuk Ketahui Penyebabnya!

Pada beberapa mobil khususnya mobil pada zaman moderen ini, sudah menggunakan teknologi injeksi. Mesin injeksi memakai sensor, untuk mengeluarkan sejumlah bensin ke dalam mesin. Sistem injeksi yang bermasalah, akan menyebabkan pencampuran rasio bensin dan udara menjadi tidak sempurna saat masuk ke ruang pembakaran. Hal itulah yang menjadi penyebab asap knalpot berwarna hitam.

3. Filter Udara Kotor

Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Hitam? Yuk Ketahui Penyebabnya!

Filter udara mempunyai fungsi untuk menyaring dan membersihkan udara dari kotoran melalui penyaring, filter udara sendiri terbuat dari kertas kering. filter udara tidak dapat menjalankan tugasnya, jika permukaan filter dipenuhi pasir, debu dan macam kotoran lainnya. Kotoran itu bisa jadi menyumbat beberapa saluran penting, seperti saluran pembuangan hasil pembakaran.

Kondisi tersebut yang akhirnya dapat membuat asap knalpot menjadi hitam. Beberapa kasus, kotornya udara dapat menghalangi sensor MAF, IAT, dan MAP yang terletak di sepanjang selang induksi udara. Sehingga fungsinya sebagai pembaca sensor jadi tidak akurat.

4. Idle Air Control (IAC) Bermasalah

Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Hitam? Yuk Ketahui Penyebabnya!

IAC atau Idle Air Control, mempunyai fungsi untuk mengatur udara melalui saluran Idle di dalam throttle body. Cara kerjanya, jika katup membuka penuh maka saluran akan terbuka lebar dan menghasilkan banyak udara untuk masuk ke dalam intake manifold (komponen ini berfungsi menyalurkan campuran bahan bakar dan udara melalui alat pencampur menuju piston).

Jika katup terbuka hanya sedikit maka hasilnya Idle akan lebih sempit sehingga pasokan udara akan tertahan. Sementara itu, bensin yang tetap disuplai dengan volume yang sama maka dapat menyebabkan rasio campuran udara dan bensin tidak sesuai. Inilah yang berpotensi menghasilkan emisi gas buang yang pekat.

Jadi, beberapa hal diatas tadi dapat menyebabkan asap mobil berwarna hitam. Maka dari itu, slalu cek kondisi mobil kamu dengan melakukan service rutin secara berkala ya #KawanMobil. jangan lupa, slalu percayakan kebutuhan mobil kamu kepada Rajamobil.com, karena Rajamobil.com menyediakan promo mobil baru dengan fasilitas lengkap, aman, nyaman, dan terpercaya.

(GAP).



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *