Apa Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Diposting pada

Zakat adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam yang harus dikeluarkan dari harta yang dimiliki. Zakat sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, salah satunya adalah zakat fitrah dan zakat mal. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Berikut penjelasannya:

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan sebagai tanda syukur umat Islam atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Zakat fitrah wajib dikeluarkan pada bulan Ramadan sebelum sholat Idul Fitri. Zakat fitrah dikeluarkan dengan jumlah tertentu, yaitu setara dengan 2,5 kilogram makanan pokok yang lazim dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

Zakat fitrah tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak yang masih di bawah umur. Setiap orang yang mampu harus membayar zakat fitrah untuk dirinya sendiri dan juga untuk orang yang masih berada di bawah tanggungannya. Zakat fitrah bisa dikeluarkan dalam bentuk uang atau bahan makanan.

Zakat Mal

Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki oleh seseorang. Zakat mal wajib dikeluarkan jika harta yang dimiliki telah mencapai nisab. Nisab adalah batas minimal harta yang harus dicapai agar wajib membayar zakat mal. Besar nisab zakat mal bergantung pada jenis harta yang dimiliki oleh seseorang.

Jenis harta yang wajib dikeluarkan zakat mal antara lain uang, emas, perak, dan hewan ternak. Besar zakat mal yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dari total harta yang dimiliki. Zakat mal memiliki tujuan untuk mengurangi ketimpangan sosial dan mempererat tali persaudaraan antar umat Islam.

Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Perbedaan utama antara zakat fitrah dan zakat mal adalah pada sumber dana yang digunakan untuk membayar zakat. Zakat fitrah dikeluarkan dari penghasilan yang diperoleh dalam satu tahun terakhir, sedangkan zakat mal dikeluarkan dari harta yang dimiliki.

Perbedaan lainnya adalah pada waktu dan cara pembayaran. Zakat fitrah dikeluarkan pada bulan Ramadan sebelum sholat Idul Fitri, sedangkan zakat mal bisa dikeluarkan kapan saja selama satu tahun. Cara pembayaran zakat fitrah bisa dilakukan dengan memberikan bahan makanan atau uang, sedangkan zakat mal harus dikeluarkan dalam bentuk uang.

Kesimpulan

Secara singkat, zakat fitrah dan zakat mal adalah dua jenis zakat yang berbeda sumber dana, waktu, dan cara pembayarannya. Zakat fitrah dikeluarkan dari penghasilan yang diperoleh dalam satu tahun terakhir dan harus dibayar pada bulan Ramadan sebelum sholat Idul Fitri. Sedangkan zakat mal dikeluarkan dari harta yang dimiliki dan dapat dibayar kapan saja selama satu tahun.

Artikel Apa Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM