Berapakah jarak bumi dan matahari dan berapa lama ?

Diposting pada

Kunci Jawaban Sudah Terverifikasi ahli tentang pertanyaan Berapakah jarak bumi dan matahari dan berapa lama.? Tugas Soal Kelas: 8 Mapel: Agama Bab: 10 – Tata Surya.

Pertanyaan:

Berapakah jarak bumi dan matahari dan berapa lama.?

Jawaban:

Jarak Matahari dan Bumi adalah Jarak dari bumi kematahari yang dinyatakan dengan 1 AU, dimana yang saat ini telah ditetapkan sama dengan jarak 149.597.870,7 kilometer. Dimana hal itu sama dengan pesawat yang memiliki kecepatan 10.000 kilometer per jam atau bisa dibilang 10 kali lebih cepat dibandingkan dari pesawat biasa, Oleh karena itu perlu waktu 20 bulan lebih agar dapat menempuh jarak yang sejauh itu.

Penjelasan:

Kita sudah tahu bahwa matahari adalah standart benda langit di tata surya kita. Semua planet dan benda langit lainnya mengorbit matahariJarak antara bumi dan matahari, sebagai jarak acuan standart, membangkitkan minat banyak peneliti untuk mengukurnya. Jarak saat ini dari bumi ke matahari setara dengan 1 AU (satuan astronomi), atau  150 juta kilometer. Dan 8 menit kecepatan cahaya di alam semesta.

Kecepatan cahaya diketahui sama dengan 300.000 kilometer per detik. Oleh karena itu, dalam 8 menit cahaya menempuh jarak 300.000 x 8 x 60 kilometer. Itu 144.000.000 kilometer. Namun perhitungan ini tidak sepenuhnya benar, tetapi kira-kira  jarak matahari dari bumi. Kita mengetahui bahwa dibutuhkan delapan menit bagi cahaya untuk melakukan perjalanan dari matahari ke bumi.

Faktanya, jarak Matahari dari Bumi telah dihitung oleh manusia sebelum kecepatan cahaya diketahui. Orang pertama yang secara kasar menghitung jarak matahari dari bumi adalah Aristarchus sekitar 2.250 tahun yang lalu menggunakan trigonometri (belajar trigonometri dalam  matematika di sekolah menengah pertama).

Kemudian, pada tahun 1653, seorang astronom bernama Christiaan Huygens menghitung ulang jarak pasti Matahari dari Bumi  menggunakan metode triangulasi yang melibatkan Matahari, Bumi, dan Venus. Perhitungan Huygens direvisi lagi pada tahun 1672 oleh Giovanni Domenico dengan menggunakan metode paralaks. Ini termasuk perhitungan sudut yang lebih akurat.

Jarak Matahari dari Bumi kemudian dinyatakan sebagai 1 SA dan saat ini ditetapkan pada 149.597.870,7 kilometer. Jika sebuah pesawat terbang dengan kecepatan 10.000 kilometer per jam (sekitar 10 kali lebih cepat dari pesawat biasa), akan memakan waktu lebih dari 20 bulan  untuk menempuh jarak tersebut.

Pelajari

  • Materi tentang Matahari
  • Materi tentang Bumi
  • Materi tentang Hubungan matahari dan bumi