Buatlah ringkasan kisah nabi shaleh as

Diposting pada

Pertanyaan

Buatlah ringkasan kisah nabi shaleh as

Jawaban

Nabi Shaleh adalah seorang nabi dan rasul yang dahulunya bersama kaum Tsamud. Lalu, ketika Nabi Shaleh diutus oleh Allah dan menyerukan ajaran-Nya, seluruhnya mengelak dan justru marah kepada-Nya. Kaum Tsamud meminta mengeluarkan mukjizat berupa unta betina yang hamil 10 bulan.

Shaleh menyetujuinya dan memohon untuk memberikan mukjizatNya. Alhasil,  bukit berbatu terbelah dan terdapat unta betina yang hamil 10 bulan persis yang dikatakan kaum Tsamud. Kaum Tsamud dibagi atas dua yaitu percaya pada Saleh atau mengingkarnya

Mereka membunuh unta tersebut karena meresahkan warga. Setelah tiga hari berlalu, kaum Shaleh pun meninggalkan kota dan kaum Tsamud yang mengingkar telah binasa akibat azab berupa petir dan gempa dahsyat.

Penjelasan

Shaleh adalah nabi dan rasul yang diutus Allah ke-lima setelah nabi Hud. Beliau memiliki mukjizat tersendiri yaitu Kaum Tsamud. Tsamud percaya kepada Shaleh dan selalu mengikuti ajaran Shaleh. Namun, setelah Shaleh diutus oleh Allah sebagai Nabi dan Rasul, mereka mulai menentang hal tersebut dan meminta sebuah mukjizat yaitu unta yang hamil sepuluh bulan. Allah mengatakan untuk tidak membunuh unta tersebut karena akan terdapat azab.

 

============

Mapel : Bahasa Arab

Kelas : IV  SD

Materi : Bab 3 – Kisah Nabi dan Rasul