Cara Cek Nomor Telkomsel yang Cepat dan Mudah

Diposting pada


Cara cek nomor telkomsel ini sebenarnya sangat mudah kamu lakukan. Bagi kamu yang aktivitas sehari-harinya tergantung dengan lebih dari satu nomor hp sekaligus, lupa akan nomor hp hal yang wajar.

Lupa nomor handphone ini bisa membuat kamu kesulitan saat ingin melakukan pengisian pulsa dan paket data. Bahkan, saat kamu dimintai nomor handphone oleh orang lain.

Mengetahui Cara Cek Nomor Telkomsel

Jika kamu pelanggan Telkomsel, ada tiga cara cepat untuk cek nomor Telkomsel sendiri. Cara cek pada nomor Telkomsel di bawah ini bisa dilakukan untuk semua produk Telkomsel seperti Halo, SimPATI, Loop dan AS.

1. Cek Nomor Telkomsel via Dial

cek nomor telkomsel via dial 808

Cara pertama yang paling mudah untuk mengecek nomor Telkomsel kamu sendiri, hanya dengan menggunakan dial up atau mengetik kode UMB tertentu. Berikut ini sudah ada beberapa cara cek nomor telkomsel yang bisa kamu ketahui, yaitu:

  • Pertama, bisa tekan *808# pada layar panggilan, lalu tekan tombol OK/YES/Call. Secara otomatis, nantinya akan muncul pop up pada layar ponsel yang berisi informasi nomor Telkomsel kamu.
  • Berikutnya, kamu bisa langsung capture/screenshot layar untuk menyimpan informasi nomor ponsel. Kemudian, klik “Dismiss” apabila sudah selesai.

Telkomsel sebenarnya juga akan mengirimimu SMS otomatis yang berisi informasi nomor ponsel untuk dicek. Saat ini, layanan cek nomor handphone Telkomsel akan dikenakan biaya sebesar Rp 55.

Pastikan kamu masih mempunyai sisa pulsa Telkomsel untuk menggunakan layanan ini. Hal ini karena cara cek nomor telkomsel harus menggunakan pulsa.

2.     Cek Nomor Telkomsel via Aplikasi MyTelkomsel

cek nomor via mytelkomsel apk

Telkomsel diketahui juga mempunyai layanan digital khusus berupa aplikasi MyTelkomsel. Di dalam aplikasi ini, kamu dapat langsung mengecek semua informasi terkait nomor pribadi, jumlah pulsa, paket data, sampai jumlah poin.

Tidak hanya itu saja, pembelian paket data sampai pulsa bisa dilakukan dengan cepat lewat aplikasi MyTelkomsel. Telkomsel ini seringkali mengadakan berbagai macam promo menarik untuk pembelian paket data melalui MyTelkomsel.

Cara cek nomor telkomsel ini dapat langsung mengunduh aplikasi resmi MyTelkomsel di Google Play Store (untuk pengguna Android) atau di App Store. Aplikasi MyTelkomsel juga dapat langsung diakses melalui situs Telkomsel.

Setelah kamu berhasil mengunduh aplikasi, kemudian daftarkan nomor Telkomsel terlebih dulu. Seluruh pengguna provider Telkomsel, mulai dari simPATI, Kartu As, Loop, kartu Halo, bisa langsung menggunakan layanan aplikasi MyTelkomsel.

Bagi kamu yang memiliki lebih dari satu nomor Telkomsel. Jangan terlalu khawatir, kamu tetap bisa mendaftarkan maksimal sampai lima nomor Telkomsel berbeda dalam satu akun My Telkomsel, tanpa perlu login atau logout nomor lainnya.

Namun, kamu harus pastikan aplikasi yang digunakan adalah MyTelkomsel versi 3.12 ke atas. Agar di kemudian hari tidak repot lagi karena lupa nomor ponselmu sendiri, maka segera daftarkan nomor dalam aplikasi MyTelkomsel.

Ada beberapa tahapan untuk mendaftar dan mengecek nomor Telkomsel via aplikasi MyTelkomsel. Berikut ini sudah ada beberapa cara cek nomor telkomsel yang bisa kamu ikuti dengan mudah, antara lain:

  • Pertama, bisa cari dan download aplikasi di Google Play Store atau App Store. Kemudian, buka aplikasi lalu daftarkan nomor Telkomsel kamu secara langsung atau sesaat setelah menggunakan Telkomsel.
  • Jika kamu telah berhasil mendaftar, segera login. Umumnya, pada bagian “Beranda” atau “Home” menjadi informasi dasar seputar nama pengguna, nomor Telkomsel pengguna, jumlah poin, jumlah pulsa, sampai jumlah kuota.
  • Apabila kamu ingin mengetahui fitur menarik lainnya pada aplikasi MyTelkomsel. Maka wajib ketik logo menu berupa ikon garis tiga pada pojok kiri atas aplikasi, dan pilih fitur yang diinginkan.

3.     Cara Cek No Telkomsel Lewat Panggilan

Cara cek nomor telkomsel yang selanjutnya, kurang lebih senada dengan sebelumnya. Hanya dengan memanfaatkan fitur panggilan di ponsel, kamu harus tetap memperhatikan ketersediaan pulsa.

Sebab bila kamu tidak memiliki pulsa, maka cara ini tidak bisa dimanfaatkan. Kamu hanya perlu menghubungi atau melakukan panggilan kepada salah satu teman atau keluarga.

Berikutnya, nomor kamu akan muncul di layar handphone orang tersebut. Langkah cek nomor telkomsel akhirnya selesai.

Cek Nomor Telkomsel melalui Layanan

Cek Nomor Telkomsel melalui Layanan

Cara cek nomor telkomsel pertama yakni melalui nomor dial-up. Kamu hanya perlu membuka menu panggilan atau dial-up, lalu menekan kode yang telah ditentukan. Berikut ini sudah cara cek no Telkomsel dari dial-up, yaitu:

  • Pertama, bisa tekan *808#. Lalu tekan tombol “Call/Panggil”. Kamu akan menerima informasi mengenai nomor Telkomsel melalui pop up notifikasi.
  • Telkomsel ini akan mengirimimu SMS otomatis yang berisi informasi nomor ponsel. Perlu diketahui, layanan cek nomor telepon seluler Telkomsel ini akan dikenakan biaya sebesar Rp100/permintaan untuk pengguna prabayar.
  • Cara cek nomor telkomsel ini harus mempunyai pulsa Telkomsel untuk menggunakan layanan pengecekan nomor. Biaya ini akan dikurangkan langsung dari pulsa saat menghubungi *808#.

Untuk pelanggan prabayar ini akan dikenakan tarif sebesar Rp100/permintaan (termasuk PPN 10%). Sementara itu, untuk pelanggan pascabayar akan dikenakan tarif sebesar Rp100/permintaan (belum termasuk PPN 10%).

Namun kamu tidak perlu khawatir, biaya yang dikeluarkan ini tidak bersifat langganan. Melainkan, biayanya hanya dikenakan tarif pada saat melakukan permintaan.

Cek Nomor Telkomsel melalui SMS ke 4444

Apabila nomor Telkomsel kamu sudah didaftarkan, maka cara cek no Telkomsel juga bisa dilakukan dengan cara mengirim SMS ke 4444. Berikut ini sudah ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan dengan mudah, antara lain:

  • Cara cek nomor telkomsel pertama, bisa buka menu pesan di Hp kamu. Lalu tulis pesan baru dengan menggunakan format Status.
  • Kemudian, kirim ke nomor 4444. Tunggu sampai kamu mendapatkan balasan SMS terkait nomor kartu yang sudah diregistrasi.

Bagaimana jika Nomor Telkomsel Hilang atau Rusak?

Bagaimana jika nomor Telkomsel hilang atau rusak, maka segeralah untuk mengunjungi GraPARI terdekat. Hal ini karena Telkomsel sudah hadir MyGraPARI. MyGraPARI merupakan salah satu media pelayanan Walk In Telkomsel.

Media ini bersifat digital, selain itu bisa diakses secara self-service oleh para penggunanya di GraPARI atau Pusat Layanan Telkomsel. Selain itu, media ini juga bisa langsung diakses di area public. Cara cek nomor telkomsel, antara lain:

  • Sebelumnya, kamu harus bisa menyiapkan berkas untuk kepentingan registrasi. Lalu siapkanlah e-KTP, Kartu keluarga atau KK dan 2 nomor ponsel yang sudah dihubungi selama satu bulan terakhir.
  • Kemudian, kamu bisa berhasil masuk, pilihan menu “Pelanggan Telkomsel”. Berikutnya, pilihlah menu “SIMCARD hilang atau rusak”.
  • Cara cek nomor telkomsel selanjutnya, masukkanlah nomor yang akan diganti. Lalu masukkanlah nomor e-KTP dan nomor KK. Hal ini berguna untuk memvalidasi. Apabila sudah selesai, maka pelanggan bisa mendapatkan kartu baru.

Cek No Telkomsel melalui Veronika

Veronika Telkomsel Call Center

Veronika merupakan salah satu Asisten Virtual Telkomsel yang berbasis chat. Hal ini digunakan untuk membantumu mengakses informasi produk dan layanan Telkomsel.

Misalnya saja seperti pengecekan kuota, penukaran Telkomsel Poin, cek tagihan Telkomsel Halo. Selain itu, ada pencarian lokasi GraPARI, pembelian pulsa, paket data, dan masih banyak lagi.

Saat ini memang layanan Asisten Virtual Telkomsel bisa diakses melalui aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, dan situs web Telkomsel. Untuk Cara cek nomor telkomsel, kamu bisa menghubungi Veronika melalui channel yang telah disebutkan di atas.

Setelah itu, kamu bisa langsung menyampaikan kebutuhan untuk cek nomor Telkomsel. Berikutnya, kamu akan mendapatkan pesan balasan yang berisi cara cek no Telkomsel yang direkomendasikan.

Kamu hanya perlu ikuti langkah-langkah tersebut. Tunggu prosesnya, kemudian nomor Telkomsel kamu akan muncul di layar ponsel.

Cara cek nomor telkomsel dengan menghubungi nomor lain bisa menjadi salah satu alternative. Apabila kamu tidak ingin menggunakan metode sebelumnya.

Namun, jika nomor Telkomsel masih memiliki pulsa. Maka kamu bisa mencoba menelpon atau mengirim SMS ke nomor lain.

Cara seperti ini merupakan salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan. Kamu bahkan hanya perlu melakukan sebuah miss call saja tanpa harus mengeluarkan pulsa.

Cara Mengaktifkan Paket Pulsa Darurat

paket pulsa darurat telkomsel
Panduan cara aktifkan paket pulsa darurat telkomsel (image: Kompas.com)

Saat kamu membutuhkan pulsa darurat, Telkomsel juga telah menyediakan layanan paket darurat. Paket ini bernama paket combo yang terdiri dari internal, telepon dan SMS.

Paket ini bisa dibeli jika kamu tidak memiliki pulsa. Pembayarannya ini biasanya akan dilakukan ketika kamu sudah mengisi ulang pulsa.

1.     Paket Darurat melalui UMB

Paket darurat ini sudah diaktifkan dan langsung digunakan. Hal ini akan membuat kamu tetap bisa berkomunikasi ketika kehabisan pulsa. Pembayarannya ini dilakukan secara otomatis ketika nomor tersebut sudah diisi pulsa.

Paket darurat ini bisa diaktifkan melalui beberapa cara. Diantaranya adalah melalui aplikasi MyTelkomsel, UMB *500*5#, atau aplikasi Facebook. Berikut ini sudah ada cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Pertama, bisa buka aplikasi MyTelkomsel, kemudian pilihlah menu “unggulan”. Apabila nomor sudah masuk ke dalam kriteria, maka penawaran paket darurat tersebut akan muncul secara otomatis.
  • Langkah berikutnya adalah dengan mengaktifkan paket darurat tersebut. Tunggu hingga ada SMS notifikasi dari 5111. Paket darurat ini sudah bisa digunakan, sesuai masa berlaku.

2.     Paket darurat melalui SMS

Saat kamu sudah kehabisan pulsa, dan nomor memenuhi kriteria maka secara otomatis mendapatkan penawaran paket darurat. Paket ini akan dikirimkan dari SMS melalui 5111.

Kamu tinggal balas SMS tersebut dengan membalas “YES”. Tunggulah SMS notifikasi dari 5111, bahwa Paket Darurat telah aktif. Paket darurat sudah bisa digunakan, sesuai masa berlaku.

3.     Cek Nomor Telkomsel via Bantuan Operator

Apabila kamu malas menghafal kode UMB dial dan tidak punya cukup kuota untuk cek aplikasi MyTelkomsel. Maka ada satu cara cek nomor telkomsel yang cukup praktis yaitu dengan menelpon layanan call center Telkomsel, berikut penjelasannya.

  • Khusus untuk pengguna simPATI, Kartu As, dan Loop, maka silahkan hubungi nomor call center 188 melalui menu panggilan. Layanan seperti ini berbayar kurang lebih sekitar Rp300 sampai Rp400.
  • Khusus untuk pengguna kartu Halo, kamu silahkan hubungi nomor call center 133 melalui menu panggilan. Layanan seperti ini sifatnya gratis.
  • Cara cek nomor telkomsel ini bisa dilakukan untuk kamu yang sedang berada di luar negeri dan terkena roaming, maka dapat menghubungi nomor +628110000333 dari menu panggilan.

Jika secara kebetulan kamu lupa membawa ponsel yang menggunakan kartu SIM Telkomsel. Maka bisa langsung menghubungi call center nasional ke nomor 08071811811.

Nomor dari layanan operator tersebut bisa dihubungi dari nomor provider atau operator lain, misalnya dari nomor XL. Cara cek nomor telkomsel ini bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah.