Kemenhub: Kendaraan Komersial Wajib Miliki SUT dan SRUT

Diposting pada

[ad_1]

Tampak Business Strategy Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril, (kiri) menyerahkan tanda mata kepada
Ir. Dewanto Purnacandra (kanan), M.T. Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Kamis (6/4)
dok Rajamobil.ocm

Rajamobil.com,JAKARTA–Kepatuhan masyarakat terhadap regulasi transportasi angkutan resmi sangat dibutuhkan guna penegakan hukum dan keselamatan di jalan raya. Karena itu perlu sosialisasi berbagai ketentuan pemerintah agar dapat diterima masyarakat luas, termasuk Mendapatkan Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT).

“Kami terus mendukung regulasi yang pemerintah lakukan dan terus mendorong customer untuk turut serta mematuhi kebijakan ini” tutur Business Strategy Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril, Kamis (6/4).

Pada kesempatan ini, Kementerian Perhubungan melakukan sosialisasi terkait Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Ujit Tipe (SRUT). Dalam acara ini, Ir. Dewanto Purnacandra, M.T. selaku Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia juga menyampaikan bahwa pihaknya terus bertransformasi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Hingga saat ini Kementerian Perhubungan tengah gencar menerapkan Program Elektronik SRUT (E-SRUT) yang bertujuan untuk mempercepat pelayanan penerbitan SRUT. “Nantinya APM atau dealer bisa mencetak di mana saja pakai kertas blangko biasa, bisa di scan QR Code. Tentunya ini mempermudah dan mempercepat pelayanan penerbitan SRUT,” ujar Dewanto.

Kendaraan komersial wajib memiliki Sertifikat Uji Tipe (SUT), sedangkan SRUT merupakan akte lahir sebuah kendaraan bermotor yang nantinya sebagai persyaratan utama untuk KIR pertama kalinya.“Kalau kendaraan komersial lengkap itu langsung bisa mengajukan SUT, untuk selanjutnya menuju ke SRUT,” ujar Dewanto.

Selain mengajak customer untuk terus mematuhi regulasi yang dijalankan pemerintah tentang SRUT ini, Isuzu juga melakukan berbagai terobosan salah satunya adalah produksi Ready To Use (RTU) Unit atau kendaraan komersial yang siap digunakan langsung tanpa perlu melakukan proses karoseri sebab aplikasi sudah terpasang pada kendaraan. “Customer dapat langsung mendapatkan SRUT saat melakukan pembelian RTU unit” ujar Attias.

Hingga saat ini, Isuzu sendiri memiliki beberapa jajaran produk yang sudah disertai SRUT saat pembelian dilakukan. Produk tersebut antara lain adalah Isuzu Traga Pick Up, Isuzu Traga Box, Isuzu Giga Tractor Head, All New Isuzu D-Max 1.9 dan All New Isuzu mu-X 1.9. Jajaran produk ini dihadirkan Isuzu sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan pelanggan terhadap kendaraan komersial yang berpacu dengan tantangan waktu.

 

[ad_2]

Source link