Mau Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman, Perhatikan Hal Ini

Diposting pada

[ad_1]

Tampak suasana kendaraan sedang antri di pintu tol. (ilustrasi). dok lifepal.co.id

RAJAMOBIL.COM,JAKARTA–Mudik lebaran merupakan momen bagi masyarakat d Indonesia untuk mewujudkan kebahagiaan berjumpa dengan sanak keluarga di kampung halaman, atau sekedar mengisi liburan panjang.

Namun, sebelum melakukan mudik, ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan. Selain kesiapan fisik tubuh karena menempuh perjalanan yang panjang, juga kondisi kendaraan harus prima.

Pasalnya, kondisi di perjalanan yang kurang bersahabat dan mengantisipasi kejadiaan yang tidak diinginkan kerap terjadi sehingga dapat mengganggu kenyamanan saat berlibur. Benny Fajarai selaku Co-Founder dan CMO Lifepal.co.id, marketplace asuransi di Indonesia mengungkapkan beberapa hal.

Periksa Sistem Kelistrikan

Seperti memeriksakan sistem kelistrikan mobil, air radiator, kaki-kaki mobil, minyak rem hingga wiper. Komponen kelistrikan mobil penting dicek dan dirawat lantaran kelistrikan berasal dari aki yang mampu mempengaruhi beragam performa komponen mobil yang lain, seperti lampu sampai starter.

Ganti Pelumas Mobil

Selain kelistrikan, komponen penting lainnya yang perlu dicek berkala adalah oli. Sebagai pelumas, oli bisa menjaga mesin mobil tidak akan mengalami overheat. Terdapat beberapa jenis oli dalam mobil dengan masa berlaku berbeda-beda, yaitu oli mesin, oli transmisi, oli rem, oli power steering, dan oli gardan.

Agar mobil tetap nyaman dan terjaga performanya, oli mesin butuh diganti jika sudah menempuh jarak 5.000 km. Oli transmisi pada mobil manual diganti jika mobil telah menempuh jarak 10.000 km, pada mobil matic diganti setiap kelipatan 20.000 km.

Periksa Kondisi Ban dan Kaki-Kaki Mobil

Komponen lainnya yang tidak boleh ketinggalan untuk dicek saat akan mudik atau bepergian jauh adalah ban mobil. Periksalah permukaannya, apakah masih bagus atau sudah botak. Jika permukaannya sudah halus, ganti ban mobil Anda dengan yang baru. Sebab, daya cengkraman ban mobil yang botak tidak maksimal, sehingga dapat membuat ban berpotensi terselip di jalanan yang licin.

Tekanan angin ban mobil penting diperhatikan kondisinya karena dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan saat berkendara, terutama saat melewati jalanan bergelomang, berlubang atau tidak rata. Bagian kaki-kaki mobil juga penting diperhatikan lantaran merupakan komponen krusial, baik dari sisi kenyamanan maupun keselamatan berkendara.

Periksa Kondisi AC Mobil

Bagian pendingin udara atau Air Conditioner (AC) juga menjadi komponen lainnya yang penting diperiksa saat hendak melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi. Untuk membuat kualitas AC mobil senantiasa terjaga, penting buat Anda melakukan beberapa perawatan.

Proteksi Kendaraan dengan Asuransi

Untuk memberikan rasa tenang, Anda bisa memberikan proteksi finansial pada kendaraan dengan asuransi mobil yang dapat menanggung biaya perbaikan akibat kerusakan.

[ad_2]

Source link