Pencipta Tenis Meja

Diposting pada

Tenis meja atau pingpong adalah olahraga yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya dimainkan di level amatir, namun juga di level profesional. Olahraga ini membutuhkan kecepatan, ketepatan, dan kelincahan yang tinggi. Tapi, siapa sebenarnya pencipta dari olahraga tenis meja ini?

Asal Usul Tenis Meja

Sejarah tenis meja dimulai pada abad ke-19 di Inggris. Pada saat itu, permainan ini disebut dengan nama “Whiff Waff”. Namun, pada tahun 1901, permainan ini mendapat nama baru yaitu “Ping Pong”. Nama ini diambil dari suara bola yang memantul di atas meja.

Permainan ini semakin populer dan akhirnya dibawa ke Amerika Serikat oleh para tentara. Di Amerika Serikat, permainan ini diberi nama “Table Tennis”. Pada tahun 1926, Federasi Tenis Meja Internasional didirikan di Berlin, Jerman. Sejak saat itu, olahraga ini semakin populer dan menjadi salah satu olahraga yang paling banyak dimainkan di seluruh dunia.

Pencipta Tenis Meja

Pencipta tenis meja adalah seorang insinyur asal Inggris bernama James Gibb. Pada tahun 1880, James Gibb menemukan permainan ini ketika sedang bermain tenis di dalam ruangan dengan bola kecil dan rakitan kayu. Ide ini kemudian dikembangkan dan dibuat menjadi sebuah permainan baru yang dinamakan “Whiff Waff”.

James Gibb bukanlah satu-satunya pencipta permainan ini. Ada juga seorang pejabat publik asal Inggris bernama E.C. Goode yang menemukan permainan ini pada tahun 1900. Namun, James Gibb yang lebih sering diakui sebagai pencipta tenis meja karena dia yang pertama kali memperkenalkan permainan ini ke publik.

Perkembangan Tenis Meja di Indonesia

Di Indonesia, tenis meja mulai dikenal pada tahun 1920-an. Pada saat itu, olahraga ini masih dianggap sebagai olahraga eksklusif yang hanya dimainkan oleh orang-orang kaya dan elit. Namun, seiring dengan semakin populernya olahraga ini, tenis meja mulai menjadi olahraga yang lebih terjangkau dan dapat dimainkan oleh siapa saja.

Pada tahun 1952, Federasi Tenis Meja Indonesia didirikan. Sejak saat itu, olahraga ini semakin berkembang di Indonesia dan banyak pemain tenis meja Indonesia yang meraih prestasi di tingkat internasional.

Kesimpulan

Pencipta tenis meja adalah James Gibb, seorang insinyur asal Inggris. Olahraga ini pertama kali dikenal dengan nama “Whiff Waff” dan kemudian diberi nama “Ping Pong” pada tahun 1901. Di Indonesia, olahraga ini mulai dikenal pada tahun 1920-an dan Federasi Tenis Meja Indonesia didirikan pada tahun 1952. Saat ini, tenis meja menjadi salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia dan banyak pemain tenis meja Indonesia yang meraih prestasi di tingkat internasional.

Artikel Pencipta Tenis Meja

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM