Pilihan Cara Transfer Pulsa Telkomsel, Bisa Ke Operator Lain

Diposting pada


Cara transfer pulsa Telkomsel saat ini wajib sekali kamu ketahui. Sebab, cara ini akan membantumu disaat sedang genting. Misalnya saja, kamu kehabisan pulsa tengah malam.

Cara mengirim pulsa Telkomsel sebetulnya terbilang sangat praktis. Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan buat transfer pulsa Telkomsel tanpa biaya. Salah satunya hanya menggunakan menu dial 858.

Cara Transfer Pulsa Telkomsel yang Mudah

Pulsa Telkomsel

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai tahap-tahap transfer pulsa Telkomsel, terdapat beberapa hal yang harus kamu ketahui dulu. Hal yang pertama, layanan transfer pulsa Telkomsel ini bisa dilakukan antar semua pengguna nomor Telkomsel.

Ini berarti baik kamu pengguna simPATI, Kartu AS, atau Loop, cara penggunaan dan ketentuannya sama. Jadi bila kamu menggunakan nomor simPATI, maka bisa transfer pulsa ke nomor Kartu AS dan Loop, begitu sebaliknya.

Namun sayangnya, untuk cara transfer pulsa Telkomsel ke operator lain masih belum dapat dilakukan. Biaya transfer pulsa Telkomsel ini sebenarnya berbeda-beda, tergantung nominal pulsa yang dikirimkan.

Namun, kamu juga harus memastikan kartu Telkomsel dalam kondisi aktif. Jangan sampai nomor yang ingin dikirim malah tidak aktif akan terbuang sia-sia.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa Telkomsel ke sesama Telkomsel

cara kirim hadiah pulsa telkomsel

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi sebelum memulai cara transfer pulsa SimPATI, Kartu As, dan Telkomsel Loop. Berikut ini sudah ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi ketika ingin transfer pulsa.

  1. Nominal pulsa yang bisa ditransfer antara Rp5.000 hingga Rp1.000.000 per transaksi. Hanya dapat mentransfer pulsa antar pengguna Telkomsel.
  2. Maksimum transaksi dalam satu hari per nomor merupakan 250 transaksi. Jadi tidak bisa transfer pulsa ke pengguna operator lain.
  3. Pengirim pulsa harus berada dalam masa aktif. Sementara itu, penerima pulsa bisa dalam masa tenggang.
  4. Setiap melakukan transaksi transfer pulsa tidak akan menambah masa aktif penerima. Jika penerima pulsa dalam masa tenggang, maka pulsa transfer juga hanya bisa digunakan setelah penerima melakukan isi ulang.
  5. Nominal yang akan ditransfer tidak dihitung sebagai pemakaian oleh pengirim. Namun, biaya transfer pulsa bisa dihitung sebagai pemakaian oleh pengirim.
  6. Pelanggan dapat melakukan transfer pulsa, bila masa aktif nomornya sudah lebih dari 3 hari. Minimal sisa pulsa sesudah melakukan transfer pulsa untuk pengguna simPATI, KARTU As, maupun Loop sekitar Rp2.000.

Syarat dan ketentuan ini bisa dapatkan dari Website Resmi Telkomsel, dan berlaku per tanggal Mei 2020. Oleh karena itu, pastikan semua syaratnya terpenuhi agar proses transaksinya dapat berhasil.

Transfer Pulsa (SimPATI, Kartu As, dan LOOP)

Terdapat empat cara transfer pulsa Telkomsel yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menggunakan SMS, UMB, shortcut UMB, dan melalui aplikasi My Telkomsel.

Langkah-langkah untuk transfer pulsa SimPATI, Kartu AS, dan Loop sama persis. Namun, informasi kali akan menjelaskannya satu per satu.

1. Transfer Pulsa Telkomsel Lewat SMS

Cara transfer pulsa pertama adalah menggunakan fitur SMS, geng. Cara ini sangatlah mudah, karena hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk melakukannya.

Ketik format SMS transfer pulsa Telkomsel

Cara transfer pulsa Telkomsel berikutnya, buka aplikasi Pesan yang ada di handphone kamu. Setelah itu, buat pesan baru, dan pilihlah nomor tujuan yang akan kamu kirimi pulsa. Format SMS-nya yaitu TPULSA(spasi)Nominal pulsa.

Balas SMS dengan mengetik ‘Ya’

Berikutnya, kamu akan mendapatkan SMS konfirmasi balasan dari 858. Untuk melakukan konfirmasi, maka balas dengan format ketik YA lalu tap Kirim.

Cara transfer pulsa Telkomsel selanjutnya, kamu harus ingat jumlah pulsa kamu setelah dipotong biaya transaksi dan pulsa yang dikirim. Jadi jika pulsa kamu hanya Rp10.000 dan kamu kirim pulsa ke teman sebanyak Rp5.000, tidak bisa dilakukan.

Sehingga, setelah dikurangi biaya transaksi Rp1.850 dan jumlah pulsa yang dikirim hanya Rp5.000. Hal ini artinya sisa pulsa kamu setelah transfer pulsa adalah Rp3.150 alias kurang dari Rp5.000.

2. Transfer Pulsa Telkomsel dengan Kode Dial *858*

Berikutnya, ada cara melakukan transfer pulsa Telkomsel dengan menggunakan fitur UMB atau via aplikasi panggilan yang ada di smartphone. Cara ini sangat mudah sekali, berikut sudah ada penjelasannya.

Hubungi *858#

Cara transfer pulsa Telkomsel pertama, buka aplikasi Panggilan yang ada di HP kamu. Kemudian, hubungi nomor *858#.

Selanjutnya, pilihlah opsi Transfer Pulsa. Melalui cara ini kamu bisa memasukkan angka 1 dan Kirim.

Ketik nomor tujuan dan nominal pulsa

Selanjutnya, masukkan nomor tujuan dan nominal pulsa yang ingin dikirim. Masukkan dengan teliti, jangan sampai kamu salah memasukkan nomor tujuan.

Setelah itu tunggu saja hingga ada SMS konfirmasi balasan dari 858. Cara transfer pulsa Telkomsel ini menjadi metode yang paling umum digunakan.

Metode ini sebenarnya menjadi favorit banyak orang. Hal ini karena kamu akan mendapatkan rincian transaksi yang dilakukan lewat SMS dan bisa dibaca setelah transaksi selesai.

3. Cara Kirim Pulsa Telkomsel dengan Shortcut UMB

Apabila cara transfer pulsa yang diatas kamu rasa terlalu ribet, maka ada cara singkatnya. Namun cara ini butuh ketelitian lebih lanjut, berikut langkah-langkahnya.

Ketik kode transfer pulsa Telkomsel

Cara transfer pulsa Telkomsel pertama, buka aplikasi Panggilan yang ada di HP kamu. Setelah itu, masukkanlah kode dengan format *858*nomor tujuan*nominal pulsa#. Setelah itu, lakukan tap Call dengan nomor Telkomsel kamu.

Konfirmasi pengiriman pulsa

Berikutnya, akan muncul konfirmasi, masukkan angka 1 untuk menyetujui transaksi tersebut. Apabila saldo cukup, maka transaksi akan sukses.

Cara melakukan transfer pulsa Telkomsel dengan metode ini terbilang paling singkat. Hanya dengan sekali memasukkan kombinasi dari angka transaksi bisa langsung selesai.

Meskipun begitu, kamu harus lebih teliti dalam melakukan Cara transfer pulsa Telkomsel ini. Hal ini karena jika salah memasukkan angka bisa jadi pulsa kamu masuk ke nomor orang lain atau nominal yang dikirim tidak sesuai.

Cara melakukan transfer pulsa Telkomsel selanjutnya, adalah dengan menggunakan protokol unstructured supplementary service data (USSD). USSD dikenal sebagai salah satu protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari ponsel ke penyedia layanan operator selular bersangkutan.

Layanan USSD ini, hanya ada pada operator seluler GSM. Dimana umumnya digunakan pengguna untuk bisa melakukan request atau pull informasi tertentu pada pihak operator dengan format yang telah ditentukan.

Ada beberapa Cara transfer pulsa Telkomsel lewat protokol USSD. Berikut ini sudah ada penjelasan lengkapnya, antara lain:

  1. Pertama, buka menu panggilan dan ketikkan kode *858# dan tekan panggil/OK. Lalu ketiklah angka 1 untuk pilihan “Transfer Pulsa”.
  2. Kemudian, masukkan nomor tujuan dan nominal pulsa. Setelah muncul notifikasi pada layar, maka bisa memasukkan angka 1 untuk konfirmasi
  3. SMS notifikasi oleh 858 ini juga akan dikirimkan ke nomormu. Protokol USSD ini tak hanya bisa digunakan untuk Cara transfer pulsa Telkomsel saja.

Namun, juga bisa dimanfaatkan untuk meminjam pulsa langsung ke Telkomsel. Ini merupakan cara darurat. Apalagi saat kamu kehabisan pulsa dan tidak ingin meminjam ke orang lain. Cara meminjam pulsa darurat dari Telkomsel melalui protokol USSD, antara lain:

  • Pertama, buka layar panggilan/call dan ketik *505#. Menu Paket Darurat biasanya akan muncul saat memenuhi syarat.
  • Lalu pilih angka dari menu Paket Darurat. Tunggu SMS notifikasi bila pinjam pulsa darurat Telkomsel berhasil.

Cara Kirim Pulsa via My Telkomsel

Cara Kirim Pulsa via My Telkomsel

Cara transfer pulsa Telkomsel ini masih banyak yang kurang familiar karena tergolong baru. Bagi kamu yang ingin mencoba cara ini bisa ikuti langkah-langkah, sebagai berikut:

  1. Download aplikasi My Telkomsel, Kamu wajib download dan instal aplikasi My Telkomsel terlebih dahulu. Jika kamu belum memilikinya bisa langsung download dari link ini : Download My Telkomsel
  2. Pilih menu ‘Send Gift’ Berikutnya, buka aplikasi My Telkomsel dan scroll ke bawah hingga menemukan menu Send Gift. Kemudian, kamu bisa tekan menu tersebut.
  3. Ketik nomor telepon penerima. Cara transfer pulsa Telkomsel selanjutnya, kamu bisa langsung menuju ke menu baru. Kemudian, bisa memasukkan nomor telepon penerima yang ingin dikirimkan pulsa.
  4. Pilih ‘Credit Transfer’ dan nominal Pulsa. Menu pilihan Gift yang telah tersedia akan terbuka, dan kamu tinggal pilih menu Credit Transfer. Kemudian, pilih nominal pulsa yang akan dikirim.
  5. Setelah itu, kamu bisa tekan continue. Nantinya, kamu bisa konfirmasi dengan menekan tombol Buy.

Jika kamu memiliki pulsa melimpah lalu ingin berbagi ke teman yang beda operator tidak mudah. Hal ini karena Cara transfer pulsa Telkomsel ke operator lain seperti Indosat, XL, 3, dan sebagainya sampai saat ini belum bisa dilakukan.

Sementara ini, layanan transfer pulsa Telkomsel hanya bisa berlaku bagi pengguna simPATI, Kartu AS, dan Loop. Jadi tidak bisa langsung melakukan transaksi pulsa ke operator lain.

Metode untuk berbagi pulsa ke operator lain, memang belum bisa dilakukan. Hal ini karena caranya berlawanan dengan konsep bisnis yang diusung oleh operator seluler.

Alasan Tidak Bisa Kirim Pulsa Telkomsel

Saat mengirim pulsa pasti kamu pernah mengalami kendala, misalnya pulsa tidak terkirim dengan cepat, bahkan sampai gagal. Apabila salah satunya kamu alami, khususnya sering gagal transfer pulsa via SMS, maka hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  • Umur kartu di bawah 3 hari, dimana Syarat buat transfer pulsa Telkomsel adalah kartu harus berusia lebih dari tiga hari.
  • Sisa pulsa tidak mencukupi, Pulsa kamu juga harus tersisa minimal Rp2.000 setelah pengiriman. Apabila tidak tersisa dengan nominal tersebut, maka pengiriman gagal.
  • Kirim pulsa Telkomsel dibawah Rp5.000, maka pengiriman juga akan gagal.
  • Sudah mencapai batas transaksi: Kamu juga harus bisa mengetahui batas maksimal transaksi adalah 250 kali transfer dalam satu hari.
  • Gangguan jaringan menjadi hal yang harus kamu waspadai karena jika jaringan tidak ada, maka belum bisa kirim pulsa.

Cara Cek Transaksi Terakhir Telkomsel

Agar kamu tidak ragu dan kebingungan apakah pulsa yang di transfer ke nomor lain sudah masuk atau belum. Maka kamu bisa cek transaksi terakhir saja.

Nantinya, seluruh transaksi terbaru Telkomsel yang baru kamu lakukan akan terlihat secara detail dan jelas. Kamu bisa mengikuti tahapan di bawah ini:

Pertama, buka menu telepon di HP kamu. Lalu ketik kode dial *8877#, klik panggil. Seluruh histori terakhir Telkomsel berhasil ditampilkan.

Itu saja beberapa informasi mengenai Cara transfer pulsa Telkomsel yang bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja seperti via SMS, dial/panggilan, dan MyTelkomsel.

Cara ini sebenarnya cukup aplikatif dari semua layanan Telkomsel. Namun, bila kamu mengalami kendala atau kesulitan saat melakukan transfer pulsa.

Maka sebaiknya kamu hubungi customer service Telkomsel di nomor 188. Nantinya pihak customer service akan siap melayani kamu.

Secara umum, cara yang ada di atas sudah cukup jelas. Sehingga kamu bisa menggunakan salah satu cara transfer pulsa Telkomsel untuk menangani permasalahanmu.