Tuliskan keadaan alam negara malaysia

Diposting pada

Berikut ini adalah jawaban yang sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Tuliskan keadaan alam negara malaysia tugas soal Mapel : IPS Kelas : IX Bab : 9 – Asia Tenggara.

Pertanyaan:

Tuliskan keadaan alam negara malaysia.

Jawaban:

Keadaan alam dari Negara Malaysia diantaranya yaitu Laut Cina Selatan memisahkan dua kawasan utama Malaysia, tanah yang landai terdapat di wilayah pantai, pegunungan yang membujur di bagian Barat hingga Timur, dataran rendah dengan rawa, pegunungan karang, memiliki puncak tertinggi yakni Gunung Kinabalu, serta sungai terpanjang adalah Sungai Rajang.

Penjelasan:

Negara Malaysia merupakan negara yang letaknya di Asia Tenggara dengan luas wilayahnya 330.300 km². Secara atronomis, Malaysia berada pada 1°LU – 7°LU dan 100°BT – 119°BT, sehingga termasuk wilayah yang beriklim tropis. Negara yang beribu kota di Kuala lumpur dan bentuk negaranya berbentuk kerajaan. Malaysia memiliki beberapa kondisi alam, baik berupa bentang alam dataran rendah, pegunungan, rawa, dll.

Keadaan/kondisi alam Negara Malaysia diantaranya :

  1. Malaysia terbagi atas dua kawasan utama, yakni kawasan di Semenanjung Malaka dan di Kalimantan, yang mana kedua kawasan tersebut dipisahkan oleh Laut Cina Selatan.
  2. Keadaan alam berupa tanah yang landai terdapat di wilayah pantai.
  3. Terdapat pegunungan yang membujur di bagian barat hingga ke bagian Timur, pegunungan tersebut terletak di Semenanjung Malaka.
  4. Dataran rendah dengan rawa-rawa terdapat di wilayah tengah Negara Malaysia, selain itu di daerah tengah kondisi hutannya cukup lebat.
  5. Bentang alam berupa pegunungan karang, rawa pantai, serta lembah-lembah berhutan lebat merupakan kenampakan alam yang ada di Malaysia bagian timur. Selain itu puncak tertinggi di Malaysia adalah Gunung Kinabalu dengan ketinggian 4.175 m.
  6. Memiliki sungai terpanjang di Malaysia yaitu Sungai Rajang yang berada di daerah Serawak dengan panjang 563 km.

 

Dengan demikian keadaan alam Malaysia diantaranya terdiri atas dua kawasan, tanah landai, rangkaian pegunungan, dataran rendah dengan rawa, pegunungan karang, gunung dan puncak tertinggi Gunung Kinabalu, serta Sungai Rajang.

Pelajari:

  • Iklim Malaysia dan sumber daya alam.
  • Contoh soal dan pembahasan bab Asia Tenggara.
  • Negara asean yang berbatasan langsung dengan samudra pasifik​.